Warga Dumai Positif Covid-19, Total di Riau Sudah 39 Kasus

mimi.jpg
(hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah pasien positif virus corona di Riau terus bertambah. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, kembali mengumumkan penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 di Riau pada Minggu 29 April 2020.

Dengan adanya penambahan satu kasus baru ini, maka total pasien positif Covid-19 di Riau mencapai 39 kasus. Dengan rincian, 22 pasien masih dirawat, 13 sehat dan sudah dipulangkan, dan 4 meninggal dunia.

"Pasien nomor urut 39 positif covid-19 di Riau yang kita umumkan hari ini adalah pasien berinisial T usia 28 tahun, warga Kota Dumai dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Dumai," kata Mimi.

Mimi mengungkapkan, pasien T merupakan hasil tracing kontak erat dari pasien positif covid-19 S (54) yang sudah dinyatakan positif dan sudah dirawat di RSUD Kota Dumai beberapa waktu lalu.


"Dengan adanya penambahan satu kasus baru ini maka kami bersama dinas kesehatan kota Dumai akan segera melakukan tracing kontak dari pasien T ini," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan. Masyarakat diminta untuk tetap melakukan pembatasan fisik (physical distancing).

"Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian," ujarnya.

Bila harus keluar, lanjut Mimi, gunakan masker, lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali. Rutin mencuci tangan, lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer. Kemudian jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin dan konsumsi vitamin yang cukup. (*)