10 ODP di Dumai Positif Berdasarkan Hasil Rapid Test

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan Dinas Kesehatan Dumai, ditemukan ada 10 Orang Dalam Pemantuan (ODP) di Dumai positif. Hasil tersebut diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kamis 9 April 2020.

Berdasarkan hasil sementara pelaksanaan rapid test di 12 kabupaten kota di Riau Diskes Riau mencatat dari 1.971 rapid test yang sudah dilaksanakan di kabupaten kota ditemukan ada 14 orang yang positif berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test. Rincian 10 orang di Dumai, Pelalawan 1 orang, Rohul 1 orang, Inhil 1 orang dan Kampar 1 Orang.

"Hasil pelaksanaan rapid test yang dimulai sejak tanggal 31 Maret sampai 9 April ini ditemukan ada 14 orang yang positif. Sedangkan sisanya 1.877 orang hasilnya negatif," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis 9 April 2020.

Hingga saat ini proses pelaksanaan rapid test di kabupaten kota masih berjalan. Sebab dari 7.420 rapid test yang didistribusikan ke kabupaten kota, baru 1.891 yang sudah dilaksanakan. Masih ada 5.529 rapid test yang belum dilaksanakan.

Mereka yang dilakukan rapid test ini adalah warga Riau yang berstatus Orang Dalam Pemantuan (ODP) yang tersebar di seluruh kabupaten kota se Provinsi Riau. Umumnya mereka adalah TKI dari Malaysia dan ada beberapa warga lainya yang baru pulang dari daerah di Indonesia yang masuk zona merah.

"Untuk memastikan apakah yang positif berdasarkan hasil rapid test ini benar-benar positif Covid-19 harus dilakukan uji swab dulu. Kita akan ambil sampel swabnya dan kita kirim ke Litbangkes untuk dilakukan pengujian," katanya. (*)

 

-->