Tiba di Bengkalis, 186 TKI Langsung Jalani Rapid Test Covid-19

rapid.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sebanyak 129 penumpang TKI dari Malaysia kembali masuk ke Bengkalis melalui pelabuh Bandar Sri Laksamana (BSL) Jalan Jendral Sudirman, Senin 30 Maret 2020 siang. Mereka harus menjalani tes cepat atau rapid test Covid-19 dan langsung dipulangkan.

Total yang mendapatkan tes cepat Covid-19 ini berjumlah 186 orang terdiri dari 164 pria dan 22 wanita.

Menggunkan Kapal Ferry Batam Jet 3 menurunkan Penumpang TKI sebanyak 57orang di antaranya laki- laki 52 orang dan Wanita 5 orang/ Selanjutnya dengan Kapal Ferry Dumai Line12, menurunkan Penumpang TKI sebanyak 129 orang di antaranya 112 Laki-laki dan 17 orang wanita.

Rapid test terhadap warga Bengkalis yang tergolong ODP ini dilakukan setelah sebelumnya mereka mendapatkan prosedur standar penanganan Covid-19, salah satunya pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan thermo scanner. Usai pengukuran suhu tubuh, masih di ruangan tersebut.

Secara bergantian mereka melakukan rapid test Covid-19 oleh petugas medis yang telah disiapkan. Rapid test diawali dengan pengambilan sampel darah yang nantinya diuji dengan rapid test kit.

"Mereka masih dilakukan rapid tes dan masih berada di ruangan pelabuhan ini ," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Bengkalis, Zul Asri dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 30 Maret 2020 via phone.

Zul Asli yang mengaku langsung ke lokasi dan masih berada di pelabuhan belum bisa memastikan apakah akan dilakukan karantina atau dipulangkan ke rumah masing-masing.

"Masih dilakukan pengecekan kesehatan terhadap mereka. Saat ini belum tahu apakah akan dipulangkan atau bagaimana," tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr Ersan Sahputra membenarkan tindakan rapid test Covid-19 terhadap para penumpang yang baru saja tiba di pelabuhan Bengkalis tersebut. Namun, dirinya belum mengatahui apa hasil.

 

 

-->