RSUD Teluk Kuantan Terima Satu Kotak Alat Rapid Test dan 30 Set APD

rsud-kuansing.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mendapatkan bantuan alat Rapid Test-Covid 19 dan sejumlah kebutuhan untuk penanganan virus corona (Covid 19).

Bantuan yang dari pusat tersebut sudah disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Riau mulai Senin, 30 Maret 2020. Bantuan tersebut sudah dijemput pihak RSUD Teluk Kuantan dan sudah tiba di Kabupaten Kuansing.

Direktur RSUD Teluk Kuantan, M Irvan Husin mengatakan, sejumlah bantuan yang didapat di antaranya 30 set Alat Pelindung Diri (APD) serta satu kotak alat Rapid Tes.

"Satu kotak hanya untuk 20 orang, kita hanya dapat satu kotak," kata Irvan dihubungi Riau Online, Senin, 30 Maret 2020.

Kemudian bantuan lain yang didapat yakni masker N95 satu boks berisikan 20 buah. Satu alat tes glukosa gula darah dan terakhir sepasang sepatu bot. "Sepatu bot hanya satu pasang kita dapat, mungkin karena dibagi rata,"ujarnya.

Menurut Irvan bantuan yang didapat ini hanya untuk RSUD dan untuk Dinas Kesehatan kemungkinan beda lagi. Diakuinya, alat kesehatan yang tiba dinilai belum mencukupi di tengah kekurangan APD di rumah sakit.

"Kurangnya masih banyak, ketersediaan masker saja kita nol sekarang, dan untuk APD memang ada kita pesan sekitar 100 set dan sekarang sedang di jalan. Kita pesan di konveksi di Bandung," tutur Irvan.

Kemudian khusus untuk pelindung muka disampaikan Irvan, pihaknya melakukan inovasi bersama petugas membuat sendiri pelindung muka. "Untuk pelindung muka kita beli bahan dan kita buat sendiri," katanya.

Sementara untuk masalah ruangan isolasi disampaikan Irvan, saat ini sudah 90 persen hampir siap dan tinggal dipasang CCTV dan petugas juga sudah dilatih.

"Sebenarnya sudah bisa, kalau ada pasien sudah bisa masuk, kalau bisa jangan ada la," kata Irvan.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kuansing agar mengikuti himbauan dan arahan yang selalu disampaikan pemerintah mulai menjaga pola hidup, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari pusat keramaian.

-->