Wabah Virus Corona, Liga1 dan Liga2 Dihentikan Sementara

kemenangan-Bhayangkara-FC-atas-Persib-Bandung.jpg
(BHAYANGKARA FC)

RIAUONLINE, JAKARTA - Kompetisi sepak bola profesional Indonesia yaitu Liga 1 dan Liga 2 2020 resmi diberhentikan sementara mulai Senin (16/3/2020). Ini terkait penyebaran wabah virus corona yang dirasa cukup mengkhawatirkan, terutama di Indonesia belakangan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, kegiatan olahraga yang menghadirkan massa dalam jumlah besar memang jadi perhatian tersendiri. Perkembangan virus corona yang semakin luas membuat PSSI mengambil sikap menghentikan sementara kompetisi.

"Perkembangan waktu demi waktu kita pantau, dan rupanya perkembangan virus corona ini semakin luas dan dibutuhkan waspada yang tinggi. Khususnya (untuk) kegiatan olahraga termasuk sepak bola," kata Zainudin Amali di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3/2020). Sebagaimana dikutip dari Suara.com.

"Tadi Ketua Umum (PSSI Mochamad Iriawan) dan pengurus lainnya menyampaikan ke saya sebagai Menteri Olahraga tentang situasi kondisi sekarang. Saya berikan informasi ke PSSI, sehingga itu menjadi bahan diskusi kita antara saya dengan PSSI, khususnya tentang kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang saat ini sedang berlangsung," jelasnya.

"Juga konsisten (dengan) keputusan rapat di kantor Kemenpora kemarin, (di mana) kebijakan berlangsungnya kompetisi di cabor-cabor diserahkan ke induk (organisasi) masing-masing," tambah Menpora.

Terkait kebijakan Menpora tersebut, Ketum PSSI M Iriawan pun mengambil sikap untuk sementara menghentikan kompetisi. Kebetulan Liga 1 2020 memang sudah dijadwalkan ada libur setelah pekan ketiga selama dua pekan.