Pemprov Riau Tetapkan Tujuh Rumah Sakit Rujukan Pasien Virus Corona

mimi.jpg
(hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemprov Riau menetapkan tujuh rumah sakit di Riau sebagai rumah sakit rujukan coronavirus atau Covid-19. Ketujuh rumah sakit tersebut adalah RSUD Arifin Achmad, RS Ibnu Sina, RS Awal Bros, RS Eka Hospital, RS Santa Maria, RSUD Puri Husada Tembilahan, dan RSUD Dumai.

"Jika ada warga yang terindikasi terkena virus Corona akan segera ditangani di tujuh rumah sakit tersebut. Kita siapkan 5 rumah sakit di Pekanbaru dan masing-masing 1 rumah sakit di Kota Dumai dan Kabupaten Indragiri Hilir," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliana Nazir Selasa 3 Maret 2020.

Ketujuh rumah sakit ini disiapkan untuk melakukan penanganan terhadap pasien yang suspek virus corona. Mulai dari ruang isolasi yang disiapkan khusus untuk pasien suspek corona hingga petugas medis lengkap dengan alat pelindung diri.

Mimi memastikan sejauh ini belum ada warga Riau yang positif terjangkit virus corona. Namun, Pemprov Riau terus melakukan beberapa antisipasi agar virus corona tidak masuk ke Riau. Diantaranya adalah dengan melakukan pemantauan terhadap pintu masuk di bandara dan pelabuhan terus dilakukan dengan instansi terkait.

"Kalau sudah kasusnya terkonfirmasi maka biaya ditanggung pemerintah pusat dan daerah. Jadi gratis untuk pasien yang terkonfirmasi," ujar Mimi. (*)