Dampak Covid-19, Penerbangan International ke Riau Turun Hingga 50 Persen

KKP-1.jpg
(hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wabah virus corona atau Covid-19 berdampak terhadap tingkat kunjungan warga dari luar negeri ke Riau. Sejak wabah virus corona ini meluas di sejumlah negara trend kunjungan warga dari luar negeri ke Riau terus menurun. Bahkan saat ini penurunan sudah mencapai 50 persen.

"Kalau biasa dalam satu hari itu ada 800 penumpang dari luar negeri yang tiba di Pekanbaru, sekarang paling sekitar 350 sampai 400 an saja," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru, Syarifuddin Saragih, Selasa 3 Maret 2020.

Syarifuddin menjelaskan, penerbangan international yang paling banyak penurunannya adalah dari Malaysia dan Singapura. Desember 2019 lalu misalnya, maskapai Scoot Airlines yang masih melayani penerbangan hingga 150 an orang perhari dari Singapura ke Pekanbaru. Namun sejak Januari menurun drastis. Hanya sekitar 40 sampai 50 an orang saja per harinya.

"Begitu juga dengan penerbangan dari Malaysia ke Pekanbaru. Baik Air Asia maupun Malindo itu juga menurun drastis," katanya.

Diungkapkan Syarifuddin, kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di Riau saja. Namun hampir di semua wilayah di Indonesia juga mengalami hal serupa. Kondisi ini disebabkan karena semakin meluasnya wabah virus corona di sejumlah negara. Sehingga ada sebagian negara yang tidak lagi mengizinkan warganya ke luar dari negaranya.

"Jadi bukan hanya di Pekanbaru, tapi hampir di semua daerah di Indonesia juga mengalami hal serupa," ujarnya. (*)