Aktual, Independen dan Terpercaya


Jahe Ampuh Cegah Covid 19, Begini Penjelasan IDI Riau

jahe.jpg
(net)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Riau, Zul Asdi angkat bicara soal informasi yang viral di media sosial terkait keampuhan jahe dalam mengantisipasi virus corona atau covid 19.

Dikatakan Zul Asdi, jahe memang baik untuk kesehatan karena memiliki zat anti oksidan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebenarnya, tidak hanya ada pada jahe, banyak sekali rempah-rempah asal Indonesia yang memiliki khasiat meningkatkan metabolisme tubuh, seperti ketumbar, cabe, bawang dan lainnya

"Banyak obat alami di Indonesia untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tapi kita harus pelajar lebih jauh, cara pakai dan dosisnya, kalau dosis salah, ya bahaya juga jadinya," kata Zul Asdi, Selasa, 3 Maret 2020.

Semua rempah-rempah tersebut, disampaikannya, dikombinasikan menjadi makanan khas Indonesia. Namun, sayangnya masyarakat Indonesia malah lebih tertarik pada makanan asing.

"Mungkin karena kita terpengaruh iklan. Kita malah senang makan makanan asing yang tidak sehat, dan parahnya makanan itu beresiko untuk kesehatan," tambahnya.

Untuk itu, Zul Asdi menghimbau supaya masyarakat mengkonsumsi makanan khas Indonesia didalamnya banyak terdapat rempah-rempah, yang mana bertujuan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa menolak virus-virus yang masuk dalam tubuh.

"Minum dan makanan alami asli Indonesia sangat banyak, salah satunya jahe tadi. Cuma, jangan fokus di jahe saja, nanti langka dan mahal pula jahe," tegasnya.

Lebih jauh, IDI sendiri saat ini sudah sering berdiskusi terkait perkembangan virus corona melalui grup WhatsApp. Sehingga, virus corona bisa segera diantisipasi.