Pilkada Serentak, Kaderismanto: PDIP Prioritaskan Kader

Kaderismanto.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Riau, Kaderismanto menyebut partainya telah secara resmi mengumumkan nama calon kepala daerah beserta wakil kepala daerah untuk maju Pilkada serentak Tahun 2020.

Kaderismanto mengatakan bahwa mayoritas dari nama-nama yang diusung berasal dari internal partai.

"48 hingga 82 Paslon yang sudah di tetapkan di usung oleh PDI Perjuangan, rata rata para petahana kader partai dengan jumlah persentase suara di atas 20 persen," kata Kaderismanto kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu 19 Febuari 2020.

Kade sapaan akrapnya menambahkan pengumuman nama-nama tersebut berasal dari daerah di mana PDI Perjuangan unggul dan dapat mengusung sendiri.


"Sedangkan daerah yang belum ditetapkan adalah daerah yang harus berkoalisi dengan partai lain," terang Kade.

Wakil DPRD Bengkalis inipun menambahkan dari 270 daerah yg pilkada pada 2020 ini DPP tetap saja memperioritaskan kader partai yang siap berkontestasi dalam pilkada.

"Artinya, DPP PDI Perjuangan juga tetap memprioritaskan kader partai yang siap maju di pilkada Bengkalis ini," terang Kade.

Tambah Kade lagi, pada saat partai dihadapkan dengan pertarungan yang sangat berat untuk memenangkan iven penting politik tanah air seperti Pileg dan Pilpres, tetap saja daerah yang memiliki kepala daerah dari kader partai yang dapat mempertahankan bahkan memenangkan Pemilu dan pilpres lalu.

"Karena itulah menjadi salah satu pertimbangan sehingga DPP partai lebih mengedepankan kader dari pada calon ekternal," tutupnya.

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan, Kabupaten Bengkalis, Rahmad menambahkan pengumuman nama- nama calon kepala daerah resmi diusung oleh partainya dan disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanti, dan dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hari ini (Rabu,red)

Pun demikian, Rahmad masih enggan menyebut nama bakal calon Bupati Bengkalis yang diusung Partai moncong putih di Pilkada Bengkalis tahun ini.

"Sabar ya, Kita lihat nanti saja," ujarnya semberi menyebut menunggu diumumkan oleh DPP PDI Perjuangan.