Cegah Virus Jembrana, 1.200 ekor Sapi di Bengkalis Divaksin

sapi-bali.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis tiga pekan telah melakukan pemberian vaksin Jembrana kepada sapi-sapi jenis Bali yang ada di daerah ini.

Tahun anggaran (TA) 2020, pemberian vaksin sudah memasuki tahun kelima, Distan menyiapkan atau mengalokasikan sebanyak 8.800 vaksin Jembrana di 11 kecamatan.

Sampai saat ini sudah memasuki pekan ketiga, petugas melakukan vaksin sekitar 1.200 ekor sapi. Target tahun 2020 ini tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, sekitar 4.000 ekor.

"Jadi tahun ini kami mengulang vaksinasi sapi Bali seperti pada 2019 lalu. Kegiatan ini akan berlanjut hingga Desember 2020 mendatang. Vaksinasi yang dilakukan juga memasuki tahun kelima, dan sejak awal tahun ini belum ada laporan ditemukan sapi terserang penyakit Jembrana. Sedangkan untuk tahun lalu itu ada ditemukan, akan tetapi sapinya adalah sapi masuk, bukan berasal dari peternak yang ada di daerah kita," ungkap Kepala Distan H Tarmizi SP MSi melalui Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan), drh HM Mardani, kepada awak media, Kamis, 30, Januari 2020

Untuk pasokan vaksin, dikatakan Mardani, pengadaan sudah disiapkan sejak Oktober tahun anggaran 2019 lalu, atau dengan strategi pengadaan diakhir tahun untuk diawal tahun. Karena, untuk pemberian vaksin cukup efisien dimulai sejak November hingga Maret.

"Cara ini dilakukan juga melihat perubahan kondisi lingkungan, seperti hujan dan banjir, serta sebagai upaya mengantisipasi, dan agar tanda klinis atau virus itu tidak berkembang, sehingga vaksinasi yang gencar atau dipadatkan di bulan-bulan tersebut," harapnya.