Bengkalis Mulai Berhias Lampion Jelang Imlek

imlek-lampion.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Menjelang perayaan Imlek 2571, yang jatuh pada 25 Januari 2020 mendatang, Kota Bengkalis mulai dihiasi dengan lampion merah khas warga keturunan tionghoa.

Lampion-lampion ini terpasang di rumah rumah warga hingga sepanjang Kota Bengkalis.

Terpantau, seperti jalan Sudirman Bengkalis, Jalan Yos Sudarso, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Diponegoro terlihat sejak Minggu kemarin warga keturunan tionghoa mulai memasang lampion.

Humas Kelenteng Hok Ann Kiong, Herman Kesuma mengatakan jumlah lampion yang disiapkan untuk dipasang sebanya 5.000 lampion.

Untuk pemasangan Lampion tersebut, pihaknya bekerjasama langsung dengan PLN Rayon Bengkalis.

"Kita sudah persiapkan semua, termasuk kawat-kawat penyangga lampionnya juga. Sementara untuk yang bekerja dan merawat lampu lampion ada relawan kita," katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 13 Januari 2020, pagi di Bengkalis.

Untuk lampion ini, lanjut Herman Kesuma, pihaknya sudah menyampaikan ke PLN Bengkalis agar lampu ini akan dialiri listrik mulai tanggal 10 Januari hingga 10 Februari mendatang.

Sementara itu Manager Unit Layanan Pelanggan PLN Bengkalis Hasdedy mengatakan, terkait pemasangan lampion ini, akan digunakan daya multiguna PLN Bengkalis. Dengan besar daya seluruh lampion ini sebesar 23.000 volt amper (VA).

"Dengan besaran daya yang digunakan, kita melakukan pengecekan gardu kita. Hasilnya kebutuhan daya sebesar 23.000 VA ini memenuhi syarat dan kemampuan daya yang tersedia," ungkapnya.

Lampion ini secara menyeluruh akan mulai nyala hari ini, hingga perayaan Imlek nanti selesai.

Selain menyiapkan daya listrik untuk lampion penghias kota Bengkalis, pada perayaan Imlek ini, PLN juga membentuk tim khusus untuk mengamankan kelistrikan saat perayaan Imlek.

"Ada lima posko yang kita bentuk dalam perayaan imlek ini, diantaranya posko Bantan, posko Bengkalis dan Posko Pambang dan dua posko di Sungai Pakning dan Tenggayun. Keberadaan posko ini untuk mempermudah petugas PLN jika ada ganguaan kelistrikan di titik perayaan imlek ini bisa segera diatasi," pungkasnya.