Venusiana Papasi, Putri Papua yang jadi Direktur Jaringan Telkomsel

Venusiana-Papasi.jpg
(Dok. Telkomsel)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Telkomsel kini memiliki Direktur Jaringan (Network) baru yang kini diemban oleh putri Papua, Venusiana Papasi.

Di awal 2020, selain pergantian pada jabatan Direktur Utama yang kini ditempati Setyanto Hantoro, 


Venusiana lahir di Papua pada 1965. Ia punya tekad turut memajukan tanah kelahirannya, dan itu ia manfaatkan dalam bidang telekomunikasi dengan bekerja di Telkomsel sebagai perusahaan seluler terbesar di Indonesia.


Pada tahun 1999, Venusiana dipercaya Telkomsel menjabat sebagai Head of Network Indonesia Timur. Jabatan ini menjadikannya sebagai perempuan pertama yang memimpin pembangunan akses telekomunikasi di wilayah tersebut. Di akhir 2004, Venusiana membuka akses telekomunikasi ke seluruh kabupaten di Indonesia Timur.


Menaklukkan kondisi geografis Papua dan Indonesia timur bukan perkara mudah. Butuh tenaga dan biaya tinggi untuk membangun jaringan telekomunikasi, termasuk Base Transceiver Station (BTS), yang beberapa harus dieksekusi dengan alat berat, termasuk helikopter. Upaya .ini dilakukan demi menjangkau jaringan telekomunikasi di wilayah terpencil di timur Indonesia.

 

Di tahun 2004 pula, Venusiana dipercaya Telkomsel untuk menjadi Team Leader recovery jaringan Telkomsel di jalur Barat Sumatra setelah bencana tsunami di Aceh. Di sini tim Telkomsel mampu bekerja cepat sehingga dapat memulihkan jaringan telekomunikasi yang infrastrukturnya rusak parah.


Rekam jejaknya pada sektor infrastruktur jaringan telekomunikasi dan kerja kerasnya di Telkomsel selama lebih dari 20 tahun, mendapat perhatian dari Pemerintah RI. Venusiana meraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan di era Menkominfo Rudiantara tahun 2015.

Penghargaan ini diberikan pemerintah sebagai bentuk apresiasi kepada orang-orang yang telah memajukan industri pos dan telekomunikasi yang memberi dampak pada kemajuan bangsa.

Karier Melesat
Karier Venusiana melesat sejak tahun 2004. Berdasarkan informasi pengalaman kerjanya di akun LinkedIn, dia tercatat menjabat sebagai VP Network Operation sejak Januari 2005. Setahun kemudian, ia menjabat digeser ke jabatan lain yang masih berhubungan dengan jaringan, yaitu VP Radio Network Planning.


Direksi Telkomsel kemudian mempercayakan Venusiana pada posisi lain di luar jaringan. Ia diketahui pernah menjabat VP di divisi Customer Lifecycle Management dan Sales Area Jabotabek Jabar.


Jabatannya naik lagi pada Maret 2013 sebagai Executive Vice President Area Jabotabek Jabar dan akhirnya kembali ke kantor pusat Telkomsel pada November 2016 sebagai Senior Vice President Consumer Marketing.

Perubahan jajaran direksi Telkomsel telah diputuskan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Jumat pekan lalu, 10 Januari 2020, dan diumumkan ke publik pada Senin (13/1).


VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan pengangkatan direktur utama dan direktur network yang baru ini dilakukan sejalan dengan strategi perusahaan dalam melanjutkan transformasi sebagai digital telco company.
Berikut ini adalah susunan direksi Telkomsel terkini:
• Direktur Utama: Setyanto Hantoro
• Direktur Sales: Ririn Widaryani
• Direktur Finance: Heri Supriadi
• Direktur HCM: Irfan A. Tachrir
• Direktur Network: Venusiana Papasi
• Direktur Planning & Transformation: Edward Ying
• Direktur Information Technology: Bharat Alva
• Direktur Marketing: Rachel Goh

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com