Kapal Kargo Tujuan Johor Karam Diterjang Ombak di Bengkalis

Kapal-Tenggelam-Ilustrasi.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, BENGKALIS - Sebuah kapal kargo bernama lambung Kapal Motor Bahari Indah 5 yang berlayar dari pelabuhan Dumai, Riau dengan tujuan Johor, Malaysia karam di perairan Kabupaten Bengkalis.

Kapten Kapal Negara (KN) 218 Badan SAR Nasional (Basarnas) Pekanbaru, Leni Tadika mengatakan, bahwa kapal kargo ditumpangi sebanyak empat orang. Kapal tersebut tenggelam karena dihantam gelombang.

"Kita mendapatkan informasi dari pihak Malaysia kalau KM Bahari Indah 5 tujuan Muar hilang kontak di Perairan Bengkalis," kata Leni kepada wartawan, Rabu pagi.

Kapal kargo tersebut diketahui berangkat dari Pelabuhan Pelindo, Kota Dumai, Riau 9 Desember 2019. Dalam perjalanan di Selat Malaka tepatnya di perairan Rupat, Bengkalis dihantam ombak.

Dia menjelaskan, KM Bahari Indah 5 berangkat dari Dumai bersama Kapal Surya Kencana. Namun Kapal Surya Kencana sudah sampai di Muar, Johor terlebih dahulu.

Karena tidak kunjung sampai, pihak Kapal Surya Kencana memberi tahukan hal tersebut pada pihak berwenang Malaysia. Apalagi, mereka kehilangan kontak. Menindaklanjuti laporan dari pihak berwenang Malaysia, Basarnas bergerak menuju dugaan titik kapal kehilangan kontak.

Akhirnya tim Basarnas berhasil menemukan mereka terapung di laut dengan kondisi selamat. Mereka adalah Candra (54), Eridanto (50), Akiu (51) dan Syahrin(51). Saat ini tim dan korban dalam perjalanan ke Dumai.

"Semua penumpang berhasil selamat. Saat kejadian ombak besar, "imbuhnya.