Hari Ini, Forum Ummat Islam Gelar Aksi Bela UAS di Masjid Raya Annur

Abdul-Somad.jpg
(Internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Forum Ummat Islam (FUI) berencana akan menggelar aksi bela Ustadz Abdul Somad (UAS) hari ini, Jumat tanggal 30 Agustus 2019 di masjid raya Annur, Pekanbaru.

Ketua FUI, Zulhusni Domo mengatakan, aksi tersebut akan dilakukan dalam bentuk konferensi pers akbar yang dimulai dengan shalat Jumat berjamaah di masjid Annur.

Usai shalat, massa akan berkumpul di masjid dan selanjutnya melakukan long march dari Masjid Raya Annur via Hang Tuah menuju kantor Mapolda Riau.

"Aksi ini diikuti para tokoh ulama dan kaum muslimin," kata Zulhusni, Kamis, 29 Agustus 2019.

Adapun tuntutan dari aksi ini ialah, meminta pihak yang melaporkan UAS untuk segera mencabut laporannya karena dikhawatirkan akan memicu perpecahan antar ummat beragama.

Pasalnya, laporan tersebut tidak menutup kemungkinan untuk membuat laporan balasan.

Kedua, FUI meminta pihak pemerintah supaya arif dalam menyikapi fenomena ini, karena dalam UU sudah dijelaskan tentang kemerdekaan dan kebebasan agama.

"UAS itu menyampaikan pembinaan akidah, setiap ustadz juga wajib mengingatkan itu. Kita muslim tidak pernah marah apa yang disampaikan tentang Islam oleh non muslim," tuturnya.

Zulhusni menduga, dibelakang pelaporan UAS ada kepentingan politik tingkat tinggi, sehingga mencari-cari kesalahan UAS, apalagi bahan laporan sudah terjadi tiga tahun yang lalu.

"Sudah disetting ini, makanya dicari-cari kesalahan UAS, kenapa tidak sebelum Pilpres dilaporkan?," tuturnya.

Zulhusni kemudian menjelaskan, dirinya sudah menggelar diskusi bersama dengan pemuka agama lain yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) beberapa hari yang lalu.

"Mereka juga tidak mempermasalahkan itu, karena mereka paham apa yang disampaikan UAS untuk internal. Saya waktu itu kan mewakili MUI, disana ada perwakilan Hindu, Kristen dan agama lainnya," tutupnya.