Siapkan UMKM Riau Bersaing di Nasional, Apindo Sertifikasi 120 UMKM

APindo.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menggelar Sertifikasi Pelaku Usaha Menuju Sustainability Development Goals (SDGs) kepada 120 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di provinsi Riau.

Ketua Apindo Pekanbaru, Fahrial, mengatakan pihaknya ingin mengembangkan agar UMKM di Riau tidak hanya bersaing di tingkat lokal, namun sudah bisa bersaing di level nasional.

"Nanti akan kita sertifikasi mereka, jadi dia gampang mengambil peluang di nasional. Setelah ini mereka akan kita uji kompetensi selama dua hari, sehingga kita tahu apa kelemahannya, jadi bisa diperbaiki apa yang perlu diperbaiki," jelas Fahrial, Kamis, 29 Agustus 2019.

Dalam sertifikasi ini, kata Fahrial, pihaknya akan memberi beberapa materi seperti materi tentang pemasaran, tentang manajemen, tentang pembekalan dan hal yang berkaitan dengan bisnis.

"Mereka harus siap tempur keluar dari sini, mereka tidak takut lagi dengan orang luar yang juga ingin berbisnis di Riau. Karena derajat mereka sudah sama," tuturnya.

Disinggung mengenai jumlah UMKM yang akan disertifikasi periode ini, Fahrial menyebut ada sekitar 120 UMKM yang akan disertifikasi dari total 300 UMKM yang sudah mendaftar.

"Sekarang ada 120 UMKM dari berbagai produk, seperti produk minuman, makanan, tanaman, industri rumah tangga dan lainnya," ujarnya.

"Sebenarnya yang mendaftar ada 300 UMKM, tapi kuota hanya ada 120. Makanya yang tersisa ini akan kita sertifikasi pada tahun depan, itu harapan kita," ujarnya lagi.

Sementara itu, salah seorang narasumber, Ketua Forum Bisnis Indonesia, Hendry Munief mengapresiasi sertifikasi berkat kerjasama antara pemerintah dengan swasta.

"Kegiatan seperti ini kita harapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Riau, apalagi di Riau pertumbuhan ekonominya cuma 2,8 persen, dari nasional. Kita harap bisa lebih dari 7 persen lah," singkatnya.