Masih Gratis, Besok Pagi Tol Pekanbaru - Dumai Sudah Bisa Dilewati

gerbang-tol.jpg
(Riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setelah diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, Jumat 25 September 2020 Jalan Tol ruas Pekanbaru - Dumai sudah bisa dilewati oleh kendaraan umum mulai, Sabtu 26 September 2020 besok.

Bagi kendaraan yang ingin menjajal jalan bebas hambatan ini pengelola sudah mulai membukanya untuk umum Sabtu besok mulai pukul 06.00 WIB.

"Iya, setelah diresmikan hari ini, mulai besok, Sabtu besok pukul 06.00 WIB Tol Pekanbaru - Dumai secera resmi kita operasikan," kata EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan, Jumat 25 September 2020.

Fauzan menegaskan, untuk tahap awal ini biaya masuk tol akan digratiskan. Sehingga masyarakat yang akan melewati tol ini tidak perlu khawatir dikenakan biaya.

'"Kita buka secara gratis atau belum berbayar hingga diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Penentuan Tarif Tol oleh Menteri PUPR," katanya.

Meski dibuka secara gratis, pihak pengelola tol kembali mengingatkan kepada pemilik kendaraan yang akan melintasi tol Pekanbaru - Dumai ini agar mempersiapkan kartu uang elektronik, e-Money atau e-toll card,

"Bagi pengguna jalan tol yang akan melintas tetap harus melakukan tapping dengan menggunakan kartu uang elektronik atau e-money di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai ini," kata Fauzan.

Seperti diketahui, Pesiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Provinsi Riau yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru Dumai sepanjang 131 kilometer, Jum’at 25 September 2020.

Diresmikan secara virtual untuk pertama kalinya di Indonesia, Presiden Joko Widodo hadir dari Istana Negara Bogor didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Kantor Staf Presiden Republik Indonesia Moeldoko, sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir langsung di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai.

Diselenggarakan secara virtual dan disaksikan oleh masyarakat di seluruh Indonesia melalui live streaming yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Negara, Peresmian Tol Pekanbaru-Dumai juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Kepala Badan
Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*)