Pelajar, Mahasiswa Hingga Guru di Bantan Kesulitan Akses Internet

Belajar-daring5.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sejumlah pelajar dan mahasiswa di Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, mengeluhkan jaringan internet 4G hilang. Hal itu diraskan di desa tersebut sudah dua minggu belakangan ini.

Padahal, selama musim pandemi Covid-19, para pelajar dan mahasiswa harus mengikuti pembelajaran dengan system dalam jaringan (daring) atau remote leraning, yakni pembelajaran jarak jauh.

Kurnia Sandi misalnya, mahasiswa jurusan Fsioterapi Abdurrab Pekanbaru ini dibuat kesal, pasalnya setiap kali ada tugas yang dikirimkan dosennya, dia harus pergi ke Jembatan Kembung, karena di kampungnya signal 4G tidak ada. Padahal jarak dari rumahnya ke jembatan Kembung sekitar 5KM.

“Tak tau apa masalahnya, sudah dua minggu lebih jaringan 4G hilang. Kalau ada tugas dari kampus mau tak mau harus ke jembatan Kembung, kampung sebelah. Bagaimana belajar bisa focus dan mengerjakan tugas dengan baik, bila belajarnya di atas kendaraan atau numpang di teras rumah orang,” keluh Sandi, Jumat 25 September 2020.


Sandi juga menyebut, sejumlah pelajar yang lain juga mengeluhkan kondisi hilangnya jaringan internet 4G di Kembung Luar. Banyak tugas-tugas sekolah yang tidak bisa dikerjakan dengan maksimal.

“Kami sangat-sangat berharap, kepada pihak-pihak yang berwenang untuk bisa mengatasi persoalan ini secepatnya. Hajap betol kami nak belajo,” ujar Wildan.

Terpisah, salah seorang wali murid, Surya Ahmad, mengaku kasihan melihat anak-anak di kampungnya yang terpaksa “mengungsi” ketika ada tugas-tugas sekolah yang harus diselesaikan.

"Beberapa kali sudah kita sampaikan persoalan ini tapi belum ada tanggapan. Mohonlah, kepada siapa saja yang berwenang terkait jaringan internet ini untuk dapat segera mengatasi,” harap Surya.

Tidak hanya para pelajar dan mahasiswa, sejumlah guru juga mengaku kesulitan. Ada beberapa tugas yang menurut mereka harus dicari atau diselesaikan dan mereka kirimkan ke siswa melalui jaringan internet, namun disebabkan jaringan tidak ada hal itu tidak bisa dilakukan.