Video: Syahdunya Pemakaman Anggota Brimob Polda Riau Gugur di Papua

Pemakaman-Bripka-Hendra-Sibarani.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan masyarakat Pekanbaru terkesima dan larut dalam duka mendalam saat mobil jenazah berisikan peti mati berbalut bendera merah putih berjalan dengan sangat pelan diikuti ratusan personel Polda Riau, Minggu pagi, 22 Desember 2019, pukul 07.30 WIB. 

Di antara ratusan pengiring di belakang mobil jenazah tersebut, terdapat Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Wakapolda Brigjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan, serta para Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Bintara, hingga Tamtama. 

Saat mobil jenazah melewati deretan anggota polisi yang berbaris memanjang, mereka langsung angkat tangan bersikap hormat terhadap rekan telah gugur dalam tugas. 

Termasuk warga yang memadati Car Free Day (CFD) Jalan Sudirman, Pekanbaru. Momentum ini dimanfaatkan untuk merekam video dan mengambil foto prosesi Parade Pemakaman. 

 

"Ini baru pertama kali saya menyaksikan langsung proses pemakaman anggota yang gugur saat melaksanakan tugas negara. Saya bangga melihat penghormatan diberikan Polda Riau kepada anggotanya ini," kata Syaiful, warga Pekanbaru.

Masyarakat menghentikan aktifitas olahraga di CFD ikut memberi hormat terhadap iringan jenazah yang diarah sepanjang jalan dari Mapolda Riau menuju Taman Makam Bahagia.

Sesampai di lokasi pemakaman Taman Makam Bahagia Kota Pekanbaru, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi langsung memimpin upacara pemakaman turut dihadiri Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Forkopimda Riau dan peserta upacara lainnya dari berbagai kesatuan TNI-AD, AU, Brimob dan Samapta Polda Riau, baik Pamen, Pama maupun Bintara dan Tamtama tersebut.

Warga Pekanbaru lainnya, Hanif, ikut menyaksikan upacara pelepasan jenazah tersebut. Ia sangat terharu melihat iringan ratusan personel Polda Riau langsung mengantar jenazah ke pemakaman.

"Saya berdoa semoga Tuhan menerima almarhum, dan Indonesia jauh dari konflik agar selalu damai," katanya.

Hendra merupakan personel Brigade Mobil Polda Riau yang gugur saat melaksanakan pengamanan di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, 18 Desember 2019 lalu. Hendra, tergabung dalam Operasi Aman Nusa I di Bumi Cenderawasih, Papua sejak Agustus 2019 lalu.

Pemakaman Hendra yang diselimuti suasana haru tersebut dilaksanakan secara militer di TMP Pekanbaru. Hendra sempat disemayamkan selama dua malam di kediaman orangtuanya di Jalan Fajar, Labuh Baru, Kota Pekanbaru setelah sebelumnya tiba di Pekanbaru pada Jumat lalu.

Dalam amanatnya Kapolda mengatakan bahwa Brigadir Kepala Anumerta Hendra telah membuktikan diri menjalankan tugas negara sebagai sebuah kehormatan.

"Kita semua menjadi saksi Brigadir Polisi Kepala Anumerta telah membuktikan dirinya menjalankan kehormatan, secar moral, dan berintegritas. Kita mengetahui dedikasi, loyalitas, dan keteguhan almarhum terhadap tugas sebagai anggota Brimob," ujar Kapolda dalam amanatnya.