SUA Sebut Sandiaga Bisa Kembangkan Usaha Tani Hidroponik di Pekanbaru

Sandiaga-Uno-di-kebun.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Usaha pertanian seolah menjadi sektor usaha yang tidak mungkin dilakukan di daerah perkotaan seperti Pekanbaru oleh banyak masyarakat awam.

Hal tersebut dikarenakan ketersediaan lahan yang semakin menipis, disebabkan oleh masyarakat perkotaan seperti Pekanbaru lebih memilih bisnis perumahan atau lainnya.

Selain kurangnya minat pengusaha untuk mengembangkan bisnis di sektor pertanian, tingkat kesuburan lahan di Pekanbaru yang hanya terdapat di beberapa daerah saja juga menjadi tantangan.

Namun hal tersebut dibantah oleh Pembina Petani Muda Kota Bertuah Said Usman Abdullah, Ketua MKA LAM Kota Pekanbaru ini menyebut masalah lahan bukan lagi masalah.

Baca Juga: Rupiah Kian Terpuruk, Sandiaga Uno Beberkan Curhat Emak-Emak Riau

"Kalau masalah lahan itu sudah sering kami bicarakan dalam forum petani kota (urban Farmers), kita kan bisa bertani dengan konsep hidroponik, memang konsep ini masih asing bagi masyarakat Pekanbaru," ungkap SUA, Rabu, 5 September 2018.

Oleh karena itu, SUA bersama komunitasnya berupaya untuk terus membumikan konsep ini agar masyarakat Pekanbaru bisa mengembangkan bisnis ini mengingat bisnis ini kurang diminati masyarakat perkotaan.

Lebih lanjut, kata SUA, sosok pemimpin juga sangat penting dalam menarik minat masyarakat, sebab pemerintah bisa mendorong masyarakat dengan berbagai program kerjanya.

"Di sisi lain pemerintah juga punya insentif untuk mendorongnya, artinya memang diperlukan sosok pemimpin yang open minded," harapnya.

Klik Juga: Nilai Tukar Rupiah Dekati Rp 15 Ribu, Sandiaga Uno Sarankan Ini Di Riau

Saat ini, sambung SUA, dirinya merintis usaha ini bersama dengan saudaranya yakni anggota DPR RI Sayed Abubakar Assegaf (SAA) dan sudah melibatkan mahasiswa dalam mengembangkan teknologi perkebunan.

"Buat membantu perekonomian masyarakat kecil kan juga bisa," terangnya.

Adapun lahan pertanian itu berada di Jalan Sialang Bungkuk, Pekanbaru dengan nama "kebun kekinian", kebun milik SUA dan SAA ini juga diresmikan langsung oleh Bakal Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto, Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandi sendiri, sudah menyerukan hal ini kepada mahasiswa dalam seminarnya di kampus Universitas Islam Riau. Sandi meminta mahasiswa untuk kreatif memanfaatkan lahan bagi usaha pertanian.

Lihat Juga: Sandiaga Uno Beberkan 4 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Kepada Mahasiswa UIR

"Ini bisa dioptimalkan dengan seksama, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap komoditi pertanian impor," kata Sandi.

Diakui Sandi, saat ini banyak kebutuhan dapur yang didapat dari hasil impor, hal tersebut ia ketahui saat berkunjung ke pasar Cik Puan Pekanbaru.

"Kita miris melihat kondisi sekarang ini. Tadi saya mampir ke Pasar Cik Puan, pedagang juga mengeluh bahan kebutuhan dapur banyak yang impor. Ini kan menyedihkan, tanah kita yang subur, tapi masih ada hasil pertanian yang impor," tukasnya kemarin.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id