Sandiaga Uno Beberkan 4 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Kepada Mahasiswa UIR

sandi-u.jpg
(yan)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengusaha yang saat ini mencalonkan diri menjadi Wakil Presiden RI Sandiaga Uno disambut tepuk tangan gemuruh begitu memasuki gedung olahraga, Kampus Univeritas Islam Riau, Rabu, 4 September 2018. Mantan wakil Gubernur DKI Jakarta itu berkesempatan mengisi kuliah umum untuk 4 ribu lebih mahasiswa.


Dalam kesempatan itu, Pria kelahiran Kecamatan Rumbai, 49 tahun silam itu membeberkan kunci sukses menjadi seorang pengusaha berdasarkan pengalamannya. "Kuncinya etos kerja 4 As, insyaallah sukses," kata Sandiaga Uno dihadapan 4 ribu mahasiswa UIR di Pekanbaru, Selasa, 9 September 2018.

Kunci yang pertama adalah kerja keras. "Kalau mau sukses tidak boleh malas."

Kemudian kerja cerdas, mahasiswa diminta untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital sebagai peluang usaha. Lalu kerja tuntas. "jangan sia-siakan kesempatan, tuntaskan kuliah, bila nanti ada kesempatan jadi pengusaha, ada peluang tuntaskan."

Terakhir kerja ikhlas. "Inilah kunci kesuksesan kita, kalau kita berusaha Allah SWT yang menentukan rezeki kita," ujarnya.

Sandi memberikan gambaran besarnya peluang usaha di Riau menyusul melimpahnya kekayaan alam bumi lancang kuning,baik itu perkebunan maupun sumber daya alam seperti minyak dan gas. Menurut Sandi, Riau salah satu penghasil kelapa terbesar di dunia. Setidaknya ada 1500 lebih turunan dari kelapa yang dapat diolah menjadi produk unggulan.


Riau kata dia, juga menjadi sentral penghasil sagu di Indoensia. Potensi ekspor sagu sangat besar mengingat tingginya permintaan di luar negeri tertama di timur tengah. setidaknya 247 juta masyarakat timur tengah menggemari sagu, terlebih saat memasuki bulan ramadan.


"Coba bayangkan jika mahasiswa fokus untuk satu produk turuan, kelapa saja bisa ribuan produk turunannya," tuturnya.

Sandi mengajak mahasiswa mampu memanfaatkan potensi yang ada disekitarnya untuk membuka usaha serta mengubah pola pikir tidak bercita-cita menjadi seorang karyawan. "Mencari kerja saat ini sulit," ujarnya.

Sandiaga Uno berkunjung ke Pekanbaru, Riau dalam rangka pulang kampung. Sandi mengangap Pekanbaru adalah kampung halamannya karena lahir di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Lembaga Adat Melayu Riau menyiapkan upacara adat tepuk tepung tawar untuk Sandi yang dianggap sebagai anak kemenakan orang Melayu. (*5)