Aktual, Independen dan Terpercaya


Wah, Wagubri Wacanakan Pendirian Lapas di atas Pulau

Lapas-Kelas-IIB-Sialang-Bungkuk.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim bertemu dengan instansi vertikal forkopimda dan Bupati, Walikota se-Provinsi Riau dalam rapat koordinasi (Rakor) guna mengantisipasi keamanan ketertiban umum dan kesiapan menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1438. Rakor tersebut juga sempat membahas pendirian Lembaga (Lapas) Permasyarakatan baru.

Padahal, pembahasan pendirian Lapas baru itu tak termasuk ke dalam agenda yang sarat dengan pembahasan empat pilar kebangsaan seperti Pancasila, UU 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika.

Wacana itu dibahas akibat akumulasi overnya kapasitas rumah tahanan (rutan) yang ada di seluruh Indonesia, terutama yang baru-baru ini terjadi kaburnya 473 (data terbaru) warga binaan Lapas Kelas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Jumat, 5 Mei 2017 silam.

Baca Juga: Astaga, Tahanan Lapas di Riau Kabur Lagi

"Jadi begini, itu ada program dari Menkopolhukam tentang mengatasi persoalan yang ada di Lapas. Salah satunya mengatasi masalah overnya kapasiti," kata Deputi V Bidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Irjen Pol Carlo Brix Tewu di Gedung Daerah, Rabu, 24 Mei 2017.

Wan Thamrin Hasyim langsung menanggapi dengan menyanggupi bahwa Riau siap menyediakan pulau untuk pendirian Lapas kedepannya.‎

Atas tanggapan Wakil Gubernur itu, Sekretaris Daerah (Setda) Prov Riau, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa pendirian Lapas di atas salah satu Pulau di Provinsi Riau itu baru sekedar wacana dan butuh banyak persiapan.

Klik Juga: Warga Berhamburan Usai Salat Jumat Saat Ratusan Tahanan Kabur dari Rutan Sialang Bungkuk

"Ini kan baru konsep. Tetapi kalau ini jadi, dari sisi sekuritinya itu bagus sekali. Kalau ada insiden kan tidak langsung menganggu masyarakat. Ini semua terkait masalah konsolidasinya yang memerlukan kebijakan, peruntukan. Juga tanggapan dari Menkopolhukam terkait kesedian Pemprov Riau," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline