(Video) Harimau Masuk Kampung, Warga: Tuk... Tuk.. Orang Semua di Sini, Tuk

harimau-Berkeliaran2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Warga Kanal 25 Simpang Kanan, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, gempar dengan masuknya seekor harimau dewasa ke perkampungan mereka. 

Dari video warga yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, warga takut dan khawatir melihat si Raja Hutan berkeliaran hingga masuk kampung dan perkebunan kelapa sawit. 

"Tuk, oh Tuk. Orang semua di sini, Tuk," kata seorang warga yang suaranya tedengar masuk ke dalam video tersebut. 

Binatang buas tersebut menampakkan diri akibat habitat menjadi rumah tempat tinggalnya, tepatnya di hutan alam Inhil, sebagian besar sudah gundul dan dijadikan perkebunan kelapa sawit milik perseorangan maupun perusahaan. 

Baca Juga: Waduh, Ada Harimau Berkeliaran Di Pemukiman Warga

Menurut warga sekitar, Bahtiar Hasibuan (42) harimau yang belum diketahui jenis kelaminnya itu sering berlalu lalang tak jauh di sekitar rumahnya.

"Jadi menurut saksi sudah tiga hari ini harimau itu berada di seputaran kediamannya. Bahkan dirinya menuturkan, juga pernah Harimau itu mengejar anak kesayangannya," kata Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung, Selasa, 23 Mei 2017.

 

Peristiwa itu terjadi pada pukul 10.30 WIB, Selasa, 23 Mei 2017. Saat pertama kali menyaksikan, Bahtiar tak menyangka bertemu dengan harimau tersebut.

Sebelumnya, warga sekitar juga sempat menjadi bulan-bulanan harimau yang diyakini tengah kelaparan itu. Namun beruntung, tak sampai menelan korban jiwa.

"Menanggapi laporan tersebut, kami sudah berkordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau untuk mengamankan harimau tersebut," tutupnya.

Sementara itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, mengklarifikasi beredarnya kabar keberadaan hewan dilindung itu telah memakan korban, seperti hewan ternak warga sekitar.

"Jadi usai mendapatkan laporan, Bidang Wilayah I BKSDA Riau langsung turun ke lapangan dengan keberadan lokasi yang jauh di areal konsesi milik PT TH Indo Plantations dengan tanaman kelapa sawit di desa Pelanggiran," kata Humas BKSDA Riau, Dian Indriyanti, Rabu, 24 Mei 2017.

Klik Juga: BBKSDA: Harimau Hanya Lewat. Tak Makan Korban

Hasil temuan BKSDA Riau tak ditemukan bahwa keberadaan hewan buas tersebut telah memakan hewan ternak warga sekitar.

"Namun, apabila kondisi terbarunya seperti yang diberitakan, kami akan kembali mengambil langkah tegas bersama dengan pihak-pihak terkait baik Polres, perusahaan maupun perangkat Desa setempat," imbuhnya.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa Harimau tersebut hanya lewat dan masuk kembali ke habitatnya dengan membawa dua anaknya. Tak menganggu apalagi sampai memakan ternak warga sekitar.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline