Lamaran NasDem Diterima, Duet Anies Baswedan-Muhaimin Bernama "Amin"

Anies-Muhaimin.jpg
(kolase/riauonline/istimewa)

RIAU ONLINE, SURABAYA-Duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Amin akhirnya terwujud di Pilpres 2024. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima lamaran politik dari Partai Nasional Demokrat dan memasangkan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan oleh Sekjen DPP PKB Muhammad Hasanuddin Wahid usai rapat pleno gabungan di Gedung DPW PKB Jatim, Jumat (1/8/2023).

"DPP PKB menggelar rapat pleno, dewan suro dan dewan tanfid untuk menyepakati perkembangan politik yang sangat cepat dan dinamis. Hasil tadi pagi di pleno, adalah kami menyambut baik tawaran kerja sama dari Partai NasDem pada PKB, untuk kerja sama politik Pilpres 2024," ujar Hasanuddin.

Sebelumnya, kata Hasanuddin, DPP PKB sudah melakukan rapat pleno dan pada sore hari mereka kembali mengadakan rapat pleno gabungan.

"Tadi pagi keputusannya DPP PKB harus menggelar rapat pleno gabungan, yang tidak saja terdiri dari syuro dan tanfid, tapi badan otonom diundang, seluruh anggota fraksi juga diundang, bahkan pimpinan DPW PKB juga diundang pada sore hari ini, untuk menindaklanjuti laporan pleno DPP PKB tadi pagi," ungkapnya.

"Sekaligus meminta pada DPW PKB untuk berkonsultasi, meminta pertimbangan, nasihat dari para masyahid, para Kiai, para sesepuh, dari seluruh kiyai-kiyai yang menjadi panutan umat selama ini, terkait kerja sama dari Partai NasDem tersebut, sekaligus mengkonsultasikan seluruh hal Ikhwal terkait tawaran tersebut," imbuhnya.


Di sini, PKB menegaskan menerima lamaran dari Partai NasDem soal kerja sama politik ini, bahkan sudah memastikan pasangan Capres-cawapres.

"Disamping itu kami juga menggali dari seluruh PKB atas itu semuanya, dan tadi baru diputuskan, kami menerima dan akan menindaklanjuti lamaran partai NasDem kepada Ketua Umum kami Gus Muhaimin Iskandar untuk bersama-sama maju Pilpres 2024 dengan saudara Anies Baswedan," ungkapnya.

Hasanuddin juga mengatakan, jika pasangan ini punya nama Amin, gabungan antara nama Anies-Muhaimin.

"Jadi kalau pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar kalau disingkat Amin. Saya berharap bahwa pasangan ini bisa menang di Pilpres 2024," ujarnya.

Selain dari para pengurus PKB, Hasanuddin juga mengklaim jika pasangan Amin mendapatkan dukungan dari para Kiyai PKB.

"Para Kiai mendukung penuh apa yang terbaik buat PKB, itu akan menjadi keputusan dan mandat pada kita Bismillah Tawakaltu Allalah Budal Gus," bebernya.

Sementara saat ditanya soal deklarasi keduanya, PKB belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

"Terkait kapan deklarasinya di mana dan jam berapa itu akan kami segera beritahukan besok," jelasnya dikutip dari suara.coma