Bertemu di Arab Saudi, Anies dan Ganjar Makan Bareng

Anies-dan-Ganjar.jpg
(suara.com/istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Anies Baswedan bertemu Ganjar Pranowo di Mina Hospitality Palace di sela-sela ibadah haji di Arab Saudi. Ketiga partai, menyambut baik pertemuan kedua bakal calon presiden tersebut.

Ketua DPP NasDem Effendi Choirie atau Gus Choi mengklaim tidak mengetahui secara detail mengenai pertemuan Ganjar dan Anies. Akan tetapi ia memandang bagus pertemuan kedua bakal calon presiden (capres) tersebut.

"Saya gak tahu. Kalau bener terjadi, ya, bagus. Mereka kan kawan," kata Gus Choi dihubungi, Selasa (27/6/2023).

Respons positif juga disampaikan Plt Sekjen DPP NasDem Hermawi Taslim. Ia mengatakan pertemuan Anies dan Ganjar merupakan pertemuan yang menyejukkan.

Ia memandang pertemuan kedua bacapres itu bisa ditindaklanjuti oleh tokoh-tokoh pendukung baik Anies maupun Ganjar.

"Dan emang demikianlah seharusnya sesama anak bangsa harus terus merajut silaturahmi. Pertemuan itu sebaiknya bisa ditinjaklanjuti di antara tokoh-tokoh pendukung kedua, ya," kata Hermawi.

PKS memberikan respons terkait foto yang beredar tentang pertemuan bakal calon presiden mereka, yakni Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo di Makkah, Arab Saudi

Ketua DPP PKS Almuzzammil Yusuf menyambut baik dan bersyukur atas pertemuan keduanya. Sebab menurut dia, pertemuan Anies dan Ganjar bisa memberikan pesan persaudaran di tengah perbedaan yang ada.

"Kalau foto itu benar, alhamdulillah memberi pesan yang baik untuk Pilpres ke depan. Di tengah perbedaan koalisi tetap ada persaudaraan sesama anak bangsa," kata Muzzammil dalam keterangannya, Selasa (27/6/2023).

Muzzammil mengatakan simbol haji yang putih suci juga memberikan pesan yang baik untuk penyelenggaraan pemilu yang luber jurdil.

"Kita doakan yang terbaik untuk para calon pemimpin negara kita ke depan. Aamiin," kata Muzzammil.

Makan Bareng, Duduk Bersebelahan


Pertemuan antara Anies dan Ganjar di tanah suci ternyata terjadi pada momen makan siang. Keduanya dikabarkan makan siang bersama.

Informasi itu disampaikan Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. Herzaky berujar pertemuan keduanya terjadi di Mina Hospitality Palace.

"Itu makan siang bareng, sebelahan meja di Mina Hospitality Palace, fasilitas kerajaan di Mina," kata Herzaky kepada wartawan, Selasa (27/6/2023).

Meski makan siang bersama dan bersebelahan meja, Herzaky menegaskan pertemuan Anies dan Ganjar bukan pertemuan yang direncanakan.

"Bukan pertemuan yang direncanakan," kata Herzaky

Partai Demokrat sendiri menyambut positif pertemuan keduanya di tanah suci di sela-sela ibadah haji.

Menurut Herzaky pertemuan antara bakal calon presiden itu bisa membawa manfaat.

"Alhamdulillah bagus antarbacapres bertemu, silaturahmi, komunikasi. Apalagi di tanah suci. Semoga pertemuan ini bisa membawa manfaat untuk semua," kata Herzaky.

Herzaky memandang pertemuan Anies dan Ganjar merupakan pengingat bahwa berbeda pilihan bukan lantas tidak komunikasi.

"Pengingat kalau berbeda pilihan, bukan berarti harus bermusuhan dan tidak berkomunikasi," kata Herzaky.

Tak Sengaja Bertemu

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dikabarkan bertemu di sela ibadah haji di tanah suci, Makkah, Arab Saudi. Kabar itu diperkuat dengan foto pertemuan keduanya yang kini beredar.

Plt Ketua Umum Kornas Ganjarist Kris Tjantra membenarkan atas adanya pertemuan tersebut.

"Bertemu di Mina, Makkah," kata Kris dihubungi, Selasa (27/6/2023).

Kris mengaku tidak mengetahui secara jelas kronologi pertemuan antara Anies dan Ganjar.

Tetapi yang pasti, berdasarkan informasi yang didapat, keduanya tidak sengaja bertemu.

"Tidak mengetahui secara jelas . Kami hanya tahu mereka bertemu tidak sengaja dan keduanya memang dalam rangka melaksanakan rukun Islam ke-5, yaitu haji," kata Kris.

Berdasarkan foto yang beredar, menurut Kris keduanya bertemu pada saat momen makan berdama. Kendati begitu ia tidak mengetahui apakah pertemuan dilakukan pada siang atau sore hari.

"Saya kurang tahu pastinya siang atau sore. Tapi jika dilihat dari foto ya memang saat sedang perjamuan makan dan mereka tidak sengaja bertemu ya," kata Kris.

Sementara itu perihal foto beredar, tampak Anies dan Ganjar tersenyum. Turut ikut foto bersama di antara Ganjar dan Anies ialah Menteri Bappenas Suharso Monoarfa.

Selain ketiganya, terlihat Ferry Farhati dan Siti Atiqoh yang masing-masing merupakan istri dari Anies dan Ganjar dikutip dari suara.com