Kekeh Pakai Pengawas Bule di Proyek IKN, Luhut: Kualitas Kita Masih Miring-miring

Luhut10.jpg
(Instagram/luhut.pandjaitan)

RIAU ONLINE - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, blak-blakan terkait rencananya menggunakan bule sebagai pegawai di proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Luhut menyebut kualitas tenaga kerja asing memang lebih baik dari lokal.

Ketua percepatan investasi di IKN Nusantara itu mengungkap bahwa pengawas bule dikerahkan di proyek ambisius itu untuk menjamin kualitas pembangunan.

"Tapi kualitas kerja menjadi kunci. Oleh karena itu, saya lapor Pak Presiden, pengawas kita terpaksa dengan segala hormat pakai bule-bule untuk menjadi kualitas. Jadi jangan Istana Presiden itu jadi, tapi kualitasnya tidak bagus," ungkapnya saat rapat dengan Badan Anggaran DPR, dikutip dari kumparan, Jumat, 23 Juni 2023.

Rencana menggunakan bule sebagai pengawas proyek IKN Nusantara memicu pro dan kontra di masyarakat. Luhut menegaskan, proses belajar atau alih teknologi dibutuhkan untuk kepentingan nasional.

“Jadi kita belajar dari mana saja sepanjang untuk kepentingan nasional. Kita kadang-kadang munafik. Saya bilang pengawasan di IKN hire orang-orang bule, marah,” katanya saat Launching Prototype Battery Asset Management Services (BAMS) IBC Senin, 12 Juni 2023.

“(Kata orang) masa kita enggak bisa? Ya enggak bisa. Kualitas kita masih miring-miring, kita pakai saja dulu dia (bule-bule),” tambah dia.


Luhut mengatakan Indonesia jangan malu mengakui kehebatan tenaga kerja asing yang memiliki kualitas jauh lebih baik.

“Tapi kalau enggak bisa, ya kita belajar. Berapa lama? mungkin 6 bulan, mungkin setahun. Sehingga kualitas bangunan kita bermutu. Kualitas bangunan kita kuat, tapi masih belok-belok,” tutur Luhut.

Menurutnya, kinerja para tenaga asing lebih cepat dibanding pekerja dalam negeri. Bahkan, dia menyebut para pekerja dalam negeri harus mencontoh kinerja tenaga asing.

"Orang itu kan gak lihat kenyataannya. Seperti yang di stasiun di Padalarang, kalau enggak mereka (pekerja asing) yang kerja juga enggak selesai juga, karena itu diakui kita. Karena mereka bekerja cepat kita harus belajar juga, jangan teriak-teriak enggak jelas," Kata Luhut saat ditemui di Stasiun KCIC Halim, Jakarta Timur, Kamis, 22 Juni 2023.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo, mengaku telah menerima laporan Luhut yang berencana menggunakan pengawas bule untuk proyek IKN Nusantara. Menurut Jokowi, langkah ini mesti diambil untuk menjaga kualitas infrastruktur ibu kota baru.

"Kalau hanya satu dua yang mengarahkan, yang bisa mengontrol, mengawasi supaya hasilnya bisa kualitasnya baik, kenapa tidak," ujar Jokowi di sela kunjungannya ke Pasar Menteng Pulo, Kamis, 15 Juni 2023.

Jokowi menegaskan, rencana yang sudah diusulkan dalam rapat di Istana Negara khusus untuk sebagai pengawas dan bukan mandor. Ia ingin kualitas bangunan di IKN Nusantara bisa dipastikan terjamin.

"Nanti kalau jelek gimana kualitasnya? Jangan nanti hasilnya kayak SD inpres mau?" lanjut Jokowi.