18 Tahun Berlalu, SBY Tak Kunjung Jawab 5 Pertanyaan Megawati

SBY-megawati.jpg
(Liputan6.com/HO/Rangga)

RIAU ONLINE - Pada 18 tahun silam, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat berupaya untuk 'berbaikan' dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sayangnya, upaya Megawati tidak mendapat sambutan yang baik dari SBY.

Menurut Polisi Senior PDIP, Panda Nababan, Megawati memintanya untuk menghubungi SBY untuk menggelar pertemuan kedua belah pihak.

"18 belas tahun yang lalu saya diminta Ibu Mega menghubungi SBY iya kan, supaya ada rekonsiliasi supaya mereka itu berbaikan," kata Panda mengulang kisahnya pada masa lalu di Setiabudi One, Kuningan, Jakarta Selatan, dikutip dari Suara.com, Jumat, 23 Juni 2023.

Sebelum bertemu, Megawati membawa syarat yang harus dipenuhi SBY. SBY harus menjabat 5 pertanyaan dengan jujur dan terbuka.

Pertanyaan itu juga disampaikan melalui Panda selaku utusan Megawati untuk bertemu SBY di Istana kala itu.

"Nah, waktu itu Ibu Mega mengatakan kepada saya, Panda kau catat dulu lima pertanyaanku, kalau dia jawab itu dengan jujur dan terbuka, saya akan ketemu. Gitu lho," ucapnya.

"Jadi waktu itu saya kan ke mana-mana bawa ini, iya kan, ku catat lah lima pertanyaannya Ibu Mega," tutur Panda seraya memperlihatkan buka catatan kecil berwarna hijau.


Panda kemudian bertemu SBY di Istana pada 2005. SBY Sempat menanyakan kepada Panda perihal Megawati yang tidak ikut.

Panda menjelaskan kepada SBY bahwa Megawati hanya menitipkan lima pesan yang harus dijawab secara jujur.

Namun, tak satupun pertanyaan Megawati yang dijawab Ayah dari Agus Harimurti Yudhoyono itu (AHY).

"Pesan ibu kalau Pak Susilo jawab pertanyaan ini baru ibu datang, baru ibu ketemu. Apa itu pertanyaanya, tak bacain. Tak satu pun dijawabnya, gitu loh. Malah dia lebih banyak menerawang lihat langit-langut Istana gitu lho," kata Panda.

Panda mengaku tidak mengetahui apa alasannya SBY bungkam saat disodorkan lima pertanyaan dari Megawati.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut seputar percaturan sebelum Pemilu 2004 antara Megawati dan SBY.

"Pak Susilo, Ibu Megawati nanya, Pak Susilo dulu ngomong saya ini sudah di comberan, diwongke, di-orangkan oleh Bu Mega, pernah enggak ngomong begitu?’ ujar Panda.

Panda berlanjut menyampaikan apa saja yang menjadi pertanyaan Megawati kepada SBY kala itu.

"Banyak kali. Ada lima itu pertanyaan," kata Panda.