Jokowi Ngopi Bareng Ketua MK Jelang Putusan Sistem Pemilu

Jokowi77.jpg
(Suara.com/Fakhri)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo ngopi santai di stand Roemah Tubruk Gadjah bersama Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman beserta istri. Hadir juga semeja dengan Jokowi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Sekertaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi minum kopi setelah mengunjungi sejumlah stand usai membuka gelaran Jakarta Fair 2023 di Jakarta International Expo atau JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).

Sebagaimana diketahui, Kamis besok, MK akan menggelar sidang putusan mengenai gugatan sistem Pemilu yang akan ditentukan antara tetap terbuka atau diubah menjadi tertutup.

Kedatangan Jokowi ini membuat heboh para pengunjung Jakarta Fair. Terlihat mereka berteriak memanggil Jokowi hingga mencoba memotret. Para pengunjung terlihat antusias mengikuti Jokowi saat berkeliling Jakarta Fair.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut ajang pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara ini selalu dinantikan masyarakat tiap tahun.

"Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair ini sudah sangat akrab dengan warga Jakarta. Setiap tahun kehadirannya selalu ditunggu oleh masyarakat Jakarta dan menjadi penanda hari ulang tahun Kota Jakarta yaitu pada tanggal 22 Juni. Berarti minggu depan," ujar Jokowi, Rabu malam.

Jokowi menyebut ajang ini selalu memberikan dampak perekonomian yang besar ketika diselenggarakan. Pada tahun lalu saja, nilai transaksi secara keseluruhan mencapai Rp 7,3 triliun.

"Tahun lalu dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dgn transaksi 7,3 triliun. Sebuah jumlah yang tidak kecil," ucapnya.


Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-496 untuk kota Jakarta. Sekaligus, ia juga membuka Jakarta Fair 2023 inj.

"Dan dengan mengucap bismillah pada malam hari ini secara resmi saya buka Jakarta Fair Kemayoran 2023. Terima kasih," tuturnya.

Pembukaan Jakarta Fair 2023 ditandai dengan tabuhan drum yang dilakukan Jokowi dan didampingi oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Seskab Pramono Anung, Menparekraf Sandiaga Uno, Direktur Utama PT JIExpo Siti Hartati Murdaya, dan Ketua Panitia Pelaksana Jakarta Fair Karuna Murdaya.

Diketahui, gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stand. Mereka juga akan menjual produk denhan diskon khas Jakarta Fair.

Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

"Dengan komposisi presentase peserta yakni 60 persen dari sektor swasta dan 40 persen dari sektor UMKM," ujar Marketing Director Jakarta International Expo, Ralph Scheunemann.

Pada penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan para pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari berbagai Provinsi di Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3 dan juga tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

Para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2023 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, teknologi informasi, komputer. Kemudian alat olah raga, fashion and garment, peralatan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal and medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menempati satu area yang berlokasi di Hall C1, memamerkan berbagai program pemerintah provisi, membuka berbagai layanan publik.

"Dan juga panggung kesenian tradisional masyarakat Jakarta. Panitia Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal dan juga pameran berbagai kerajinan khas Betawi," tuturnya.

Beberapa titik area kuliner dapat ditemui di Food Court Hall E, area Pasar Malam terletak di dekat pintu masuk i yang mengusung konsep pasar malam modern dengan berisikan beraneka macam sajian kuliner lokal dan mancanegara. Lalu terdapat juga area Kuliner yang menjajakan berbagai macam kuliner khas nusantara yang berlokasi di Area Belakang Hall D dan juga sajian kuliner khas Betawi serta berbagai stan produk makanan yang tersebar di area open space Jakarta Fair Kemayoran.

Pihak panitia penyelenggera akan menyajikan berbagai acara seperti parade karnaval, wahana permainan anak, dan kontes Miss Jakarta Fair.

"Serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini," pungkasnya dikutip dari suara.com