IG Presiden Banjir Aduan Jalan Rusak, Pemerintah Siapkan Rp 32,7 T untuk Perbaikan

Jalan-rusak-di-inhil.jpg
(HASLINDA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE - Warganet menyerbu akun Instagram milik Presiden Joko Widodo dengan aduan jalan rusak. Ada 100 ribu aduan jalan rusak yang ditulis warganet di kolom komentar Instagram Jokowi.

Aduan warga terkait jalan rusak itu muncul sesuai imbauan Jokowi yang meminta masyarakat melaporkan jalanan rusak di daerah masing-masing.

Deputi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan menyebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp 32,7 triliun untuk perbaikan jalan di seluruh Indonesia.

"Secara bertahap perbaikan akan segera dilakukan, seperti di Provinsi Lampung akan segera dimulai perbaikan paling lambat Juli 2023 karena harus ada proses lelang," pungkasnya.

Sementara saat ini kata Machmudin, Kementerian PUPR telah mendata dan melakukan survei ruas jalan rusak di seluruh provinsi. Selanjutnya, laporan masyarakat yang masuk akan dicocokkan dengan data yang ada.


"Justru dengan adanya pengaduan masyarakat/warganet di akun media sosial Presiden Jokowi, dapat dilakukan cross check, antara data dari Kementerian PUPR dengan data yang disampaikan warganet. Sehingga akan lebih tepat sasaran," kata Bey, Senin, 15 Mei 2023, dikutip dari kumparan.

Sebelumnya Jokowi lewat Instagram pribadinya mengimbau masyarakat melaporkan kondisi jalan rusak di wilayahnya.

"Apabila jalan di daerah anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini," tulis Jokowi di akun Instagramnya.

Ratusan ribu warganet kemudian menyerbu kolom komentar @jokowi dengan laporan jalanan rusak di daerah masing-masing.