Golkar Dikabarkan Gabung Kubu Gerindra dan PKB, PDIP Tunggu Sikap Resmi

Airlangga-Hartarto-dan-Muhaimin3.jpg
(Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/2023). (Suara.com/Bagaskara))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Partai Golkar dikabarkan bergabung ke koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Sejumlah partai pendukung pemerintah kini masih menunggu sikap resmi partai tersebut salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Sebagai bagian dari etika politik, PDI Perjuangan baru bisa memberi tanggapan setelah ada sikap formal partai politik tersebut," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto seperti dikutip Antara pada Kamis (4/5/2023).

Ia mengemukakan, proses kerja sama partai politik masih akan berlangsung melalui mekanisme partai, kemudian masing-masing partai yang membangun kerja sama akan saling berkomunikasi satu sama lain.

Pernyataan tersebut sebagai respon kabar yang disampaikan Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza mengklaim, Golkar sepakat bergabung dengan koalisi KIR yang digagas PKB dan Gerindra.


"Golkar memiliki pengalaman panjang dalam pemerintahan, Gerindra dan PKB membutuhkan itu untuk membuat Indonesia makin maju," kata Faisol dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta.


Faisol mengungkap, hasil dari pertemuan antara Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Golkar Airlangga Hartanto yang berlangsung di Resto Pelataran Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/2023).


Skema kerja sama PKB dan Golkar, yakni untuk mempersiapkan pemenangan pemilihan presiden (pilpres) dengan memperkuat usungan terhadap Prabowo dan Cak Imin sebagai bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Sebelumnya, Partai Golkar bersama PKB telah menunjuk tim pemenangan dari masing-masing perwakilan partai. Dari Partai Golkar adalah Ketua DPP Partai Golkar Nusron Wahid, sedangkan dari PKB adalah Ketua DPP PKB Faisol Reza dikutip dari suara.com