Pelajar Setingkat SMA di NTT Masuk Jam 05.00 WIB, Guru Datang Masih Gelap

pelajar2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menerapkan peraturan baru bagi siswa setara SMA agar jam masuk pada pukul 05.00 WITA.

Aturan ini diputuskan berdasarkan hasil rapat para guru dan kepala sekolah yang dipimpin oleh 

Aturan yang diterapkan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menetapkan siswa SMA di NTT masuk mulai pukul 05.00 WITA. Aturan ini juga membuat tenaga pengajar tiba di sekolah ketika langit masih gelap gulita.

Sebuah akun twitter @idextratime membagikan video yang merekan kegiatan guru sebelum pukul 05.00 WITA di sekolah.


Video yang diduga direkam oleh salah satu guru perempuan di sekolah NTT berdurasi 2.20 menit. Dalam video tersebut Ia merekam aktivitas para guru yang sudah tiba sebelum pukul 05.00 WITA di ruang guru.

Ada seorang guru yang masih mempercantik diri dan mengaku belum sempat sarapan.

"Sudah siap jam pertama, anak (murid) baru satu, bu gurunya belum sarapan, belum pakai bedak, jadi satu menit lagi," ucap seorang guru.


"Walaupun anak-anak tidak ada, saya anggap saya mengajar dan masuk kelas," tambahnya.

Perekam video juga mengungkapkan kalau perpustakaan sekolah sudah dibuka meskipun waktu belum menunjukkan pukul 05.00 WITA.

Kemudian terlihat sudah ada beberapa guru hadir di lingkungan sekolah. Lalu tampak ada dua murid yang datang sebelum jam masuk.


"Nama siapa? Wih, IPS III, hebat," puji guru terhadap siswa yang sudah datang.

Video berlanjut ketika perekam menyapa kepala sekolah yang berada di luar ruangan. Ia menanyakan kondisi kepala sekolah.

"Bagaimana kabar bapak e?," tanya si perekam.

"Baik-baik, siap," jawab kepala sekolah.

"Jam 5 ini segar sekali e bapak," timpal si perekam.

Setelah itu, kepala sekolah melihat sudah ada beberapa siswa yang datang ke sekolah meski waktu menunjukkan pukul 05.15 WITA.

"(Jumlah) anak-anak sudah lumayan," ucap kepala sekolah.

"Ya, sudah ada beberapa," jawab guru yang merekam.

Pelajar SMA Masuk Sekolah Jam 05.00 Pagi

Seperti yang telah diberitakan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menerapkan aturan jam masuk sekolah setara SMA di wilayahnya masuk pada pukul 05.00 WITA.

Keputusan itu berdasarkan hasil rapat para guru dan kepala sekolah yang dipimpin oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat.

Potongan video pada saat rapat berlangsung pun beredar di media sosial. Video yang dibagikan di Twitter itu tampak Viktor yang tengah menjelaskan alasan mengapa jam sekolah anak-anak SMA harus dimajukan jadi pukul 05.00 WITA.

Menurutnya, waktu tersebut ideal kalau melihat jam tidur pelajar SMA. Kalau menurut perhitungannya, anak-anak pelajar SMA akan tidur jam 10 malam.

Setelah itu bangun pukul 4 pagi.

"6 jam pas, jam 4 udah bangun, mandi setengah jam, setengah jam perjalanan 30 menit sampai sekolah mulai jam 5," kata Viktor dalam video yang diunggah Twitter @Trending_Issue dikutip Selasa (28/2/2023).

Selain itu, masuk sekolah pada pukul 05.00 WITA juga dinilainya untuk melatih kedisiplinan serta etos kerja dari para siswa. Ia memahami kalau permintaannya itu terasa berat bagi pelajar maupun guru dikutip dari suara.com