Kondisinya Makin Membaik, Tim Dokter Lepas Alat Bantu Napas David

Yaqut-Cholil-Qoumas6.jpg
((Twitter/YaqutCQoumas))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Kabar baik datang dari Cristalino David Ozora Latumahina alias David.

Kondisi David kini semakin membaik. Laporan itu datang dari tim dokter dari Rumah Sakit Mayapada tempat dia dirawat mengatakan 

Menurut dokter, kondisi David mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal itu disampaikan Dokter Frans selaku Kepala Koordiator ICU Rumah Sakit Mayapada, Jakarta, tempat David dirawat.

"Memasuki empat sampai lima hari ini, kondisi David mengalami perkembangan yang signifikan, sangat menyenangkan," kata Dokter Frans dalam jumpa pers, Selasa (27/2/2023).


Meski begitu, menurut Dokter Frans, David hingga kini masih dalam perawatan di ICU. "Masih perlu observasi yang sangat tepat. Namun dibandingkan 4-5 hari lalu masih lebih baik. Kita perlu melakuakn optimasi yang maksimal, tergantung dr respons dari tubuhnya juga," kata Dokter Frans melanjutkan.

Menurut Dokter Frans, kesadaran David terus membaik. Sebagai gambaran, kesadaran David mencapai angka 8-9, di mana rata-rata orang normal di angka 15.

"Saya sebut yang sangat umum, glasgow coma scale (GCS, metode yang digunakan dalam medis untuk mengukur kesadaran pasien dan bisa menandakan seberapa parah cedera otak), orang kayak kita 15, dia 8-9. Ini terjadi dr 4-5 lima hari," imbuh dr Frans.

Dokter Frans mengakui kalau sampai saat ini David belum sadar. Namun meski begitu, David sudah tidak lagi membutuhkan alat bantu pernapasan.

"Sudah membaik, tapi karena dia belum bisa mengontrol betul. Artinya dia suda bisa napas dengan spontan, tdak pakai alat bantu napas lagi. Saya sampaikan secara garis besar. Saya tidak bisa bicara secara detail. Karena ini secara medis, ada rahasia juga," tutur dr Frans.

Seperti diketahui, David (17) mengalami koma setelah dianiaya oleh Mario Dandy Satriyo (20), seorang anak pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo yang belakangan mengundurkan diri.

Peristiwa ini dipicu karena Dandy kesal kekasihnya, Anges (15) mengaku dilecehkan oleh David. Agnes juga merupakan mantan kekasih David. Saat menganiaya David, Dandy dibantu oleh rekannya, Shane Lukas dikutip dari suara.com