Sempat Dibantah, Sandiaga Uno Pindah ke PPP

Sandiaga-uno8.jpg
(dok Sandiaga Uno)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dikabarkan bakal pindah dari partai Gerindra ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kabar yang dihembuskan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad itu kekinian disambut meriah PPP.

Apakah sambutan positif juga diberikan oleh partai PAN dan Golkar? Mengingat dua partai tersebut merupakan rekan koalisi PPP di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menjawab pertanyaan itu, tidak banyak komentar yang disampaikan Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo. Menurut dia kepindahan tersebut adalah hak PPP serta Gerindra dan Sandiaga Uno. Sebagai pengurus partai lain, ia merasa tak elok mengomentari masalah itu.

"Apalagi ikut campur, meski PAN dan PPP sama-sama di KIB. Kami hormati apa yang mereka putuskan," kata Drajad dihubungi, Kamis (29/12/2022).

Kendati begitu, Drajad mengakui bahwa memang kepindahan Sandiaga ke PPP bisa saja berdampak positif terhadap KIB, apabila memang kabar tersebut benar adanya. Menurut dia, efek domino akan berlaku, begitu pula kepada Sandiaga.

"Soal apakah akan bedampak positif, tentu sangat tergantung pada kekuatan Sandi dalam membawa suara pemilih. Jika elektoral Sandi melejit, tentu dampaknya akan positif. Demikian juga sebaliknya," tutur dia.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Wakil Ketua Umum Golkar Erwin Aksa dan Ketua DPP Golkar Dave Laksono enggan mengomentari kabar kepindahan Sandiaga ke PPP.

"No comment," kata Erwin.


"Itu harus ditanya ke PPP saja," kata Dave.

Sandi Pindah PPP

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi mengatakan bahwa partainya tidak ada niatan untuk 'membajak' Sandiaga Uno dari partai Gerindra. Menurutnya, selama ini Sandiaga selalu hadir dalam acara PPP dengan kapasitas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Awiek menanggapi soal pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang menyebut jika Sandiaga Uno dalam waktu dekat akan menjadi kader PPP.

"Kan PPP kemarin jalan bareng dengan Sandiaga Uno. Itu bang Sandi atas nama menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, kami undang sebagai pemateri," kata Awiek pada Rabu (28/12).

Awiek tak menampik dalam beberapa waktu terakhirSandiaga menyatakan siap maju nyapres di pemilu 2024. Namun, menurut Awiek pernyataan Sandiaga itu maju sebagai kader dari Gerindra.

Untuk itu, Awiek menegaskan bahwa partai berlambang Ka'bah tersebut tak ada niatan untuk 'membajak' Sandiaga dari Gerindra.

"Kami gak ada niat bajak-membajak, itu kami karena hanya untuk memastikan bahwa teman-teman di bawah undang beliau sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

PPP Sumringah

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pernyataannya ihwal kepindahan Sandiaga Uno ke PPP, ternyata disambut baik partai berlambang Ka'bah tersebut.

Sebelumnya, informasi mengenai kepindahan Sandiaga dari Gerindra ke PPP memang dilontarkan pertama oleh Dasco. Wakil Ketua DPR RI ini melontarkan pernyataan tersebut berdasarkan infromasi yang ia peroleh dari PPP.

"Saya lihat juga kemarin statement saya disambut meriah di PPP," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

Menurut Dasco, sikap sumringah yang ditunjukan PPP itu memang sebagai pertanda semakin jelasnya informasi mengenai perpindahan Sandiaga.

"Kelihatannya memang sudah tanda-tanda mendekati akhir tahun menjadi jelas dan terarah," ujar Dasco dikutip dari suara.com