Keluarga Mantan Penyanyi Cilik Ini Terlilit Pinjol Lebih dari Rp 80 Juta

Ilustrasi-Pinjol.jpg
(Shutterstock via Tempo.co)

RIAU ONLINE - Artis mantan penyanyi cilik, Enno Lerian, membuat pengakuan mengejutkan. Enno menyebut keluarga terlilit utang pinjaman online (pinjol) hingga puluhan juta rupiah.

"Salah satu anggota di rumah, keluarga inti. Dia terjerat pinjol lebih tiga bulan. Dan sebenernya hampir 30 aplikasi," kata Enno Lerian di program FYP yang tayang baru-baru ini, dikutip dari Suara.com, Kamis, 8 Desember 2022.

Wanita 39 tahun itu membeberkan awal mula saudaranya tergiur pinjol. "Awalnya dia pakai paylater, masalahnya yang bisa ngutang itu minjamnya yang terdaftar bukan yang ilegal tapi legal, di e-commerce, di ojek online," ungkap Enno Lerian.

"Awalnya dia pakai Rp 500 ribu untuk apa kurang tahu juga. Mungkin keperluan pribadi karena dia masih remaja," sambungnya lagi.

Tapi kemudian, saudara Enno Lerian tersebut malah ketagihan. "Dia tergiur sama paylater. Terus kegulung-kegulung sampai Rp 80 juta. Awalnya dari Rp 500 ribu. Jadi kalau total bisa lebih dari Rp 80 juta," tuturnya.


Enno Lerian baru mengetahui kejadian ini setelah menyadari sosok tersebut menggunakan akun miliknya dan sang anak.

"Jadi awalnya ketahuan gara-gara yang bersangkutan gunain akun anak aku sama akun orangtua aku. Karena gali lobang tutup lobang dia nggak cerita," jelasnya.

"Karena anaknya bukan tipikal yang belanja. Dia nggak keliatan (gaya hedonnya)," sambungnya lagi.

Atas kejadian ini, Enno Lerian pun mau tidak mau melunasi utang pinjam online tersebut. Mengingat namanya terancam masuk daftar hitam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).