DPR Berharap Jokowi Kirim Nama Panglima TNI yang Baru Sebelum 25 November

jokowi50.jpg
(Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi segera mengirimkan surat presiden atau Supres ke DPR RI terkait dengan nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Hal itu mengingat Andika akan masuki masa pensiun pada Desember 2022.

"DPR masih akan melaksanakan masa sidangnya sampai nanti pertengahan Desember. Saya meyakini bahwa pasti sudah ada mekanisme yang sudah dilakukan oleh presiden, sekarang memang suratnya akan melalui presiden kepada ketua DPR," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Terkait dengan siapa yang akan menggantikan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Puan meyakini Jokowi sudah punya pertimbangan sendiri.

"Siapa, bagaimana, bagaimana calonnya yang akan dipilih, apakah itu terkait dengan kinerja dan lain-lain, tentunya itu presiden sudah mempunyai pertimbangan terkait hal itu," tuturnya.


Lebih lanjut, ia memprediksi Jokowi sudah mengirimkan supres terkait nama pengganti Panglima TNI sebelum DPR RI memasuki masa reses pada 16 Desember 2022.

"Saya tentu menduga sebelum reses penutupan masa sidang, suratnya sudah diterima oleh DPR," tuturnya.

Adapun Wakil Ketua DPR RI fraksi Golkar, Lodewijk F Paulus, berharap supres nama calon Panglima TNI sudah masuk ke DPR RI sebelum 25 November 2022.

"Kita berharap sebelum tanggal 25 sudah ada," katanya di Kompleks Parlemen dikutip dari suara.com

Lodewijk mengatakan, pihaknya masih terus menunggu terkait supres tersebut. Ia memahami Jokowi kasih banyak urusan terutama lebih fokus ke KTT G20.

"Ya kita tunggu tapi kita sudah ada informasi akan diproses karena waktu kita masih ada kok untuk proses ya mungkin kita tinggal tunggu aja apakah calonnya satu atau dua ya kita menyesuaikan aja," pungkasnya.