Jokowi Terang-terangan Dukung Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto Santai

Airlangga-Hartarto4.jpg
([Suara.com/Bagaskara Isdiansyah])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Jokowi terang-terangan dukung Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto santai. Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi santai soal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terang-terangan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mendukungnya menjadi capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Jokowi menyatakan hal tersebut saat Perayaan HUT ke-8 Partai Perindo pada Senin (7/11/2022). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi secara frontal mengemukakan jika Prabowo akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti dirinya.

"Iya (tanggapi) santai, santai," kata Airlangga ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (7/11/2022) malam.

Airlangga mengatakan, selama ini Jokowi dalam memberikan dukungan tidak hanya diberikan kepada salah satu calon tertentu. Menurutnya, dukungan juga akan diberikan kepada figur lainnya.

"Ya tentunya kan presiden selalu bilang salah satu calon nah," ungkapnya.

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian tersebut, hal yang akan menentukan nanti pada saat pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Seseorang baru dikatakan layak menurutnya jika mendapatkan dukungan atau suara.

"Ya namanya kontestasi kan kontestan jadi artinya sesuai dengan apa KPU saja siapa yang eligible untuk mendaftar siapa yang punya dukungan suara jadi kontestasi kan seperti itu," tuturnya.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, Jokowi pada saat HUT Golkar ke-58 dianggapnya menyatakan mendukung dirinya juga maju di Pilpres 2024.


"Waktu Ultah Golkar kan jelas. Nanti lah itu," pungkasnya.


Giliran Prabowo

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terang-terangan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi capres pada Pilpres 2024 mendatang.

"Kelihatannya setelah ini, jatahnya Pak Prabowo," kata Jokowi setelah Prabowo yang hadir dalam agenda tersebut berdiri merespons perkataan Jokowi dengan memberikan hormat.

Jokowi sendiri pun tidak membantah jika perkataannya itu merupakan sinyal kuat bentuk dukungannya kepada Menteri Pertahanan (menhan) tersebut.

"Ya, diartikan sinyal, ya, boleh. Tapi kan saya ngomongnya juga... nggak apa-apa lah," katanya.

Sebelumnya, Jokowi sempat meminta maaf kepada Prabowo lantaran sempat pamer dengan sederet jabatan yang pernah diembannya sebagai kepala daerah.

Pernyataan tersebut dipicu oleh ucapan Ketum Perindo Hary Tanoesudibjo yang menyampaikan jika Jokowi bisa memenangkan beragam kontestasi sampai mampu menjabat sebagai presiden hingga dua kali.

"Tadi Pak Hary menyampaikan saya ini dua kali Wali Kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta gubernur sekali menang. Kemudian dua kali di pemilu Presiden juga menang," ucapnya.

Setelah bicara, Jokowi lalu melirik Prabowo yang duduk di hadapannya. Ia langsung menyampaikan permohonan maaf.

"Mohon maaf Pak Prabowo," ucap Jokowi disambut riuh para undangan yang hadir.

Prabowo langsung berdiri merespons perkataan dengan memberikan hormat kepada Jokowi dikutip dari suara.com

Jokowi kemudian menyampaikan kalau setelah ini, Prabowo akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti dirinya.