Kini Bela Teddy Minahasa, Intip Jejak Hotman Paris dalam Kasus Viral

Hotman-Paris.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Hotman Paris Hutapea, pengacara kondang yang tak pernah lelah turun tangan dalam kasus-kasus hukum besar sepanjang karirnya. Baru-baru ini, Hotman kembali dipilih menangani kasus besar, yakni pengedaran narkoba yang menyeret nama mantan Kapolda Sumatera Barat, Teddy Minahasa.

Melalui akun Instagram pribadinya, Hotman mengumumkan bahwa Perwira Tinggi Polri itu telah menunjuknya untuk menjadi kuasa hukum.

"Irjen Teddy Minahasa ganti pengacara, kini dibela Hotman Paris," tulis Hotman Paris via Instagram, mengutip Suara.com, Senin, 24 Oktober 2022.

Langkah Hotman itu sontak menuai berbagai reaksi dari publik.

Bukan hanya sekali, Hotman memang seringkali turun tangan dalam kasus-kasus kontroversial. Pengacara nyentrik itu kerap menangani kasus-kasus besar di dalam negeri.

Apa saja? Berikut kasus-kasus viral yang pernah ditangani Hotman:

Baiq Nuril

Hotman Paris mendulang apresiasi dan pujian publik saat dirinya turun tangan membela seorang guru di Mataram, NTB, bernama Baiq Nuril yang terancam dipidana. Baiq Nuril dituuh melakukan pencemaran nama baik kepala sekolah tempat ia bekerja.


Kasus ini berawal saat Baiq menyebarluaskan cerita pengakuannya yang dilecehkan sosok petinggi sekolah tempatnya berkarir. Kasus ini berhasil menarik simpati Hotman.

Menurut Hotman, Baiq Nuril telah melakukan kebenaran. Ia sontak turun tangan menawarkan bantuan hukum.

Kepada seluruh perempuan di Indonesia, ia berseru, agar melayangkan simpati kepada Baiq Nuril yang berjuang melawan ketidakadilan dalam kekerasan berbasis gender.

"Kepada seluruh wanita di Indonesia, kirimkan segera surat dialamatkan ke Kopi Joni untuk menyelamatkan Mbak Nuril agar putusan kasasi jangan dulu dieksekusi dan agar dia jangan ditahan dulu," ujar Hotman Paris dalam sebuah video yang diunggah di Instagram pribadinya, Kamis, 15 November 2018.

Pegawai Alfamart vs pengutil cokelat

Masih berkaitan dengan kasus pencemaran nama baik, Hotman Paris sempat memberikan bantuan hukum gratis kepada seorang karyawan Alfamart.

Pegawai Alfamart tersebut mengalami nasib nahas saat menangkap basah seorang perempuan yang mengutil coklat tanpa membayar.

Tak terima video aksi mengutil coklatnya viral, perempuan tersebut mengancam pegawai Alfamart tersebut sembari membawa pengacara.

Hotman akhirnya memberi bantuan hukum gratis lantaran pegawai Alfamart tersebut terancam dipasalkan UU ITE. Kini, kasus tersebut akhirnya berhasil damai saat dimediasi oleh kepolisian setempat.

Taruna korban perpeloncoan

Hotman Paris juga turun tangan membela seorang siswa Taruna ATKP Makassar yang tewas usai dipelonco seniornya pada 2019.

Hotman Paris gigih mendampingi keluarga koran mendapat keadilan di meja hijau meski tanpa memungut rupiah sepeser pun.