Terbang ke Jogja, Jokowi Salati Jenazah Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe

jokowi22.jpg
([Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden])

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Presiden Jokowi tiba di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta untuk bertakziah atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau dikenal dengan nama panggilan Buya Syafii, Jumat (27/5/2022). Jokowi yang tiba di Masjid Gedhe langsung melakukan salat jenazah.

Dari keterangan pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta sekitar pukul 15.05 WIB.

Kehadirannya langsung disambut pihak keluarga almarhum Buya Syafii. Setelah itu, Kepala Negara langsung menunaikan Ibadah Salat Asar berjemaah sebelum melakukan Salat Jenazah.

Selain Jokowi, terlihat hadir pada takziah tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Sebelumnya, Jokowi menceritakan pertemuan terakhirnya dengan Buya Syafii.

Jenguk Buya Syafii Maarif di Yogyakarta, Jokowi: Beliau Sehat Walafiat


Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menjenguk mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii) di kediamannya di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (26/3/2022). [Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden]

Pertemuan itu terjadi pada dua bulan lalu di mana Jokowi menjenguk Buya Syafii yang baru saja ke luar dari rumah sakit.

"Dua bulan lalu, saya sempat menjenguk Buya Syafii di Sleman, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari," kata Jokowi melalui akun Twitter resminya @jokowi pada Jumat.

Menurut Kepala Negara, kala itu Buya Syafii tampak sehat. Sayangnya, itu menjadi pertemuan terakhir Jokowi dan Buya Syafii.

"Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii," ujarnya dikutip dari suara.com

Sebagai pesan terakhir, Jokowi menyampaikan selamat jalan bagi cendekiawan muslim tersebut.