Akidi Tio, Warga Palembang Sumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan Covid-19

Akidi-Tio.jpg
(Akidi Tio)

RIAU ONLINE, PALEMBANG-Nama Akidi Tio sedang menjadi pusat pembicaraan publik usai keluarga besarnya memberikan bantuan senilai Rp 2 triliun sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.

Lalu siapa Akidi Tio? Simak profil Akidi Tio yang dirangkum Suara.com berikut ini.

Dokter pribadi keluarga almarhum, Prof dr Hardi Darmawan menjelaskan bahwa Akidi Tio semasa hidupnya merupakan pengusaha sukses serta dermawan.

Almarhum Akidi Tio merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang pembangunan dan kontraktor asal Langsa, Aceh Timur.

Sebelum memberikan bantuan dalam penanganan Covid-19 sebesar Rp 2 triliun, keluarga Akidi Tio sudah dikenal dermawan dengan sering membantu masyarakat Palembang. Keluarga Akidi Tio membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan panti jompo yang ada di Palembang.

Latar Belakang Keluarga Akidi Tio

Kebiasaan Akidi Tio yang dermawan semasa hidupnya itu telah diajarkan kepada anak-anaknya. Akidi Tio memiliki tujuh orang anak yang tinggal di Jakarta dan Palembang.


Seluruh anak dari mendiang Akidi Tio merupakan seorang pengusaha. Bahkan almarhum Akidi Tio pernah berpesan kepada anak-anaknya untuk tetap membantu orang yang membutuhkan.

Sementara itu, Prof dr Hardi Darmawan sudah mengenal keluarga almarhum Akidi Tio selama kurang lebih 48 tahun. Ia menjadi dokter pribadi keluarga Akidi Tio hingga kepada cicit-cicitnya selama 36 tahun.

Dengan sikap dermawan dan sifatnya yang ditanamkan kepada anak-anaknya itu. Maka tak heran jika, Akidi Tio sumbang Rp 2 triliun untuk penanganan covid-19.

Bisnis Keluarga Akidi Tio

Memang tidak banyak diketahui perihal bisnis Akidi Tio dan keluarganya. Namun menurut penuturan Hardi, sebagai dokter keluarga, bisnis Akidi Tio bergerak di bidang properti hingga perkebunan.

"Apa ya?, mereka pengusaha, keluarga sibuk. Karena itu juga enggan publikasi," ujar dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Darmawan, Selasa (27/7/2021).


Secara keseluruhan, keluarga dermawan ini memiliki sejumlah unit bisnis, mulai properti, konstruksi, perbesian, kontainer dan perkebunan sawit di Aceh.

Sosoknya Tak Diketahui Banyak Orang

Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima bantuan penanganan COVID-19 secara simbolis dari keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumsel, Palembang, Senin (26/7). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel/21)

Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima bantuan penanganan COVID-19 secara simbolis dari keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumsel, Palembang, Senin (26/7). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel/21)


Sosok Akidi Tio tidak diketahui banyak orang, termasuk Perwakilan Masyarakat Konghucu, Sakim yang turut hadir dalam acara penyerahan bantuan Rp 2 triliun tersebut.

Dia mengemukakan, penyerahan sumbangan itu diberikan dan diwakilkan oleh dokter keluarga, Prof Hardi Darmawan. Kedatangannya sendiri untuk menemani seorang anak perempuan almarhum Akidi Tio.

Sakim memastikan jika pengusaha tersebut adalah warga Palembang. Namun diakui, jika dirinya tidak mengenal betul sosok Alm Akidi Tio.

"Belum banyak yang mengetahui," ujar Sakim kepada Suara.com.

Penyerahan Bantuan Rp 2 Triliun

Perwakilan Keluarga Almarhum Akidi Tio memberikan sumbangan kepada Polda Sumsel sebesar Rp 2 Triliun. [Dok. Polisi]

Perwakilan Keluarga Almarhum Akidi Tio memberikan sumbangan kepada Polda Sumsel sebesar Rp 2 Triliun. [Dok. Polisi]

Bantuan tersebut telah diserahkan langsung oleh Prof dr Hardi Darmawan yang merupakan dokter pribadi dari keluarga almarhum Akidi Tio kepada pemerintah.

Pemberian bantuan dari keluarga almarhum Akidi Tio tersebut disaksikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Dandrem 004 Gapo Brigjenn TNI Jauhari Agus Suraji dan Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nurainy.

Pihak keluarga Akidi Tio kini telah menyerahkan dana bantuan sepenuhnya ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan sebagai penanganan pandemi Covid-19. Uang donasi tersebut sebagian besar akan digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 seperti kebutuhan obat-obatan, oksigen, tempat isolasi hingga pembayaran insentif bagi para tenaga kesehatan.

Dana bantuan dari keluarga almarhum Akidi Tio diharapkan dapat menyelesaikan berbagai masalah pandemi Covid-19 agar Sumatera Selatan segera bangkit dari efek pandemi Covid-19 ini.

Mendapat Pujian dari Sejumlah Tokoh

Addie MS memuji sikap mulia almarhum Akidi Tio yang membantu warga terdampak pandemi Covid-19, terkhusus Sumatera Selatan.

“Semasa hidupnya, almarhum Akidi adalah seorang dermawan yang sering sekali membantu rakyat di sekitarnya tanpa banyak orang yang tahu,” demikian tulis Addie MS di akun media sosialnya (27/7/2021).

Addie MS juga menambahkan, jika ia mengenal banyak sosok warga Indonesia keturunan Tionghoa seperti Akidi Tio ini. Sosok seorang kaya raya namun hidupnya bersahaja dan sederhana, sering sekali memberi bantuan atau sumbangan tanpa ingin disebutkan namanya.

Selain itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pun mengapresiasi aksi Akidi Tio. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan tindakan keluarga Akidi Tio ini patut diteladani oleh masyarakat luas.

"Kami tentu sangat mengapresiasi peran serta Keluarga Bapak Akidi Tio. Bagus sekali untuk diteladani karena kita semua adalah saudara dalam kemanusiaan," kata Sonny saat dihubungi Suara.com, Selasa (27/7/2021).

Demikian ulasan lengkap tentang profil Akidi Tio, pengusaha yang sumbang Rp 2 triliun untuk penanganan covid-19.