5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Pasien yang Sembuh dari Covid-19

Tauge-kecambah.jpg
((Shutterstock/inewsfoto))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Virus covid-19 sangat merusak tubuh dan kekebalan tubuh Akibat stres, memperlambat fungsi pencernaan, imunologi, dan reproduksi.

Tak hanya itu, pengobatan yang dijalani selama terinfeksi virus corona Covid-19 mungkin juga telah mempengaruhi kondisi tubuh pasien Covid-19 secara keseluruhan.

Karena itu dilansir dari Times of India, pasien Covid-19 harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk menghadapi efek samping tersebut. Tapi, kekurangan protein adalah penyebab paling umum dari gangguan fungsi kekebalan.

Hal ini adalah masalah utama yang seharusnya ditangani oleh pasien Covid-19 setelah sembuh demi memulihkan sistem kekebalannya secara keseluruhan. Salah satu caranya, cobalah mengonsumsi beberapa makanan berprotein tinggi berikut ini.

1. Kecambah

Kecambah mengandung tinggi protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, dan vitamin C serta K daripada tanaman yang tidak bertunas lainnya. Pasien Covid-19 harus mengonsumsi kecambah hijau, alfalfa, buncis, dan chia, karena menawarkan asam amino dalam jumlah besar sehingga lebih mudah dicerna dan cepat memenuhi kebutuhan protein.

2. Daging merah


Daging merah dari hewan yang diberi makan rumput organik dan dibesarkan tanpa bahan kimia atau hormon, mengandung asam amino tinggi dan berbagai elemen yang baik untuk kesehatan usus.

Semua itu bermanfaat bagi pasien Covid-19, karena penuh dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang akan berdampak besar pada kesehatan. Tapi, konsumsi daging merah terlalu banyak juga bisa menjadi masalah kesehatan baru, terutama bila Anda tidak mengonsumsi sayur.

3. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang berkualitas tinggi, vitamin D, B2, kalsium, fosfor, mineral, seperti besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium yang mudah dicerna serta anti inflamasi.

Banyak orang kesulitan mencerna berbagai kacang-kacangan dan lentil, terutama jika perut dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Anda bisa menggantinya dengan ikan yang juga tinggi protein.

4. Telur

Telur kaya antioksidan yang bisa membantu pasien Covid-19 cepat pulih dari kerusakan oksidatif. Kandungan vitamin D yang tinggi dalam telur sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.


Hal ini akan membantu mengontrol gula darah, yang diperlukan untuk pemulihan fungsi adrenal dan keseimbangan hormon. Selain itu, telur juga mengandung sejumlah besar protein.

Jadi, makan dua butir telur setiap hari bisa membantu mengatasi infeksi dan membangun kembali kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, zat besi, seng, vitamin, selenium dan asam amino yang membantu penyerapan kalsium, mudah dicerna, dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mengonsumsinya dalam berbagai hindangan lezat dan sehat. Konsumsi semangkuk lentil, kacang-kacangan atau buncis setiap kali makan akan mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.