Aprilia Santini Manganang Resmi Jadi Pria, Kini Bernama Aprilio Perkasa Manganang

Serda-K-Aprilia-Manganang.jpg
(Antarafoto/M Risyal Hidayat/foc)

RIAU ONLINE, MANADO-Sah. Serda (K) Aprila Santini Manganang resmi berganti kelamin menjadi lelaki. Kini mantan altet bola voli tersebut bernama Aprilio Perkasa Manganang.

Hakim Pengadilan Negeri Tondano memutuskan mengabulkan permohonan pergantian identitas dan perubahan jenis kelamin Serda Aprilia Santini Manganang, dalam sidang virtual, Jum'at (19/3/2021).

"Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya," putus Hakim Nova Loura Sasube dan mengetok palu sidang dikutip dari rri.co.id


Dalam putusan pengabulan itu, Hakim juga menetapkan jenis kelamin dari semula berjenis perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki. Tiga menetapkan pergantian nama pemohon yang semula Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa berharap sidang berjalan lancar, sehingga Serda Manganang diakui secara negara dalam perubahan status dan nama baru.

"Berharap apa yang diputuskan pengadilan Tondano, maka kita telah siapkan label nama yang baru," kata KSAD Andika Perkasa di Mabes AD.

Dalam persidangan pemohon Serda Manganang turut didampingi kedua orang tua, yang hadir sebagai saksi.