2 Helikopter Lakukan Water Bombing Padamkan Karhutla di Kuala Kampar

Water-bombing.jpg
(Damkar Pelalawan)

RIAUONLINE, PELALAWAN-Dua unit helikopter water bombing dikerahkan guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan.

Tim gabungan dari BPBD, Damkar, Manggala Agni, TNI, Polri, berjibaku memadamkan karhutla di Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar, api sulit dipadamkan, lantaran sumber air terlalu jauh dari api.

Memudahkan pemadaman karhutla, helikopter water bombing dikerahkan untuk mencapai titik yang sulit dijangkau tim darat.

“Jarak sumber air dari lokasi kebakaran sangat jauh sekitar 800 meter, maka kita dibantu dengan helikopter waterbombing,” kata Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Pelalawan, Abu Bakar, Jumat, 19 Maret 2021.

Abu Bakar menambahkan, ada dua heli yang dikirimkan untuk memadamkan kebakaran lahan yang selama berhari-hari ini belum bisa dipadamkan.

“Selama berhari-hari kita disini api belum bisa dipadamkan, dan kita dibantu dengan dua helikopter waterbombing untuk memudahkan pemadaman,” jelasnya.


Hingga kini, satgas gabungan terus berupaya memadamkan kebakaran lahan di lokasi.

Diketahui sebelumnya, sekitar 51 hektar lebih lahan di Kabupaten Pelalawan terbakar, dari data yang dihimpul oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, wilayah terluas kebakaran lahan di Pelalawan terdapat di Kecamatan Kuala Kampar.