Beredar Kencang di DPR, Humas Kontra Reserse Adu Kuat Jadi Tribrata 1

Calon-kapolri2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Beredar kabar, surat resmi dari Presiden Jokowi perihal calon Kapolri akan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR, pada Senin (11/1/2021) ini.

Informasi yang berkembang di internal DPR, ada dua nama calon kuat Kapolri. Keduanya adalah Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar dan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. 

Berdasarkan sumber MNC Portal di DPR yang enggan disebutkan namanya, surat resmi dari Presiden Jokowi terkait pencalonan Kapolri akan dibacakan pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang III DPR Tahun 2020-2021, hari ini.

Saat dikonfirmasi perihal kabar tersebut, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin mengaku belum melihat surat tersebut. "Belum terima (surat pencalonan Kapolri dari Presiden)," uajr Azis kepada MNC Portal, Minggu (10/1/2021). 

Berdasarkan surat resmi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, Rapat Paripurna DPR akan diselenggarakan Senin (11/1) ini pukul 10.30 WIB. Agendanya yakni pidato Ketua DPR dalam rangka Pembukaan Masa Sidang III Tahun 2020-2021. Lalu dilanjutkan dengan pelantikan anggota pengganti antarwaktu (PAW) DPR RI.

Adapun pembacaan surat-surat yang masuk ke DPR, Setjen memang tidak menjadwalkan khusus. Pimpinan DPR akan membacakan surat yang masuk di awal pembukaan Rapat Paripurna sebagai bagian dari pengumuman.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan telah mengirimkan nama lima calon Kapolri usulan Kompolnas. Mereka adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Boy Rafly Amar, Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Artikel ini sudah terbit di Sindonews