Suhadi Malah Dapat Buaya saat Mancing Ikan di Kali Pesanggrahan

Buaya.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BANDUNG-Suhadi Warga RT 04/RW 06 Kelurahan Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Kota Depok berhasil menangkap buaya.

Niatnya mencari ikan di Kali Pesanggrahan, Suhadi malah berhasil menangkap reptil prasejarah itu pada Kamis 30 Juli 2020 sore.

Kejadian tersebut bermula saat dirinya kali pertama melihat buaya tersebut di Kali Pesangrahan ketika memancing ikan.

Kala itu, Suhadi mengaku melihat hewan air tersebut hendak menyerangnya.

"Saya heran, kok ada buaya. Saya kira itu biawak. Tahu tahunnya buaya mau serang saya, " kata Suhadi ketika dikonfirmasi, Jumat 31 Juli 2020.

Saat itu juga, Suhadi memanggil temannya untuk bersama-sama menangkap buaya. Langkah itu dilakukan, karena dia khawatir keberadaan buaya bakal menganggu warga lain hingga menimbulkan korban jiwa.

"Saya berupaya mengamankannya agar tidak berbahaya bagi lingkungan dengan berinisiatif menangkapnya bersama dua orang dan keluarga saya,” katanya.

Meski ditangkap, dia mengemukakan, jika buaya itu sudah diserahkan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.


“Buayanya telah kami serahkan kepada Damkar Depok untuk ditempatkan pada tempat yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Kota Depok Denny Rumolo Hutauruk mengatakan, pihaknya mengetahui informasi penangkapan buaya di wilayah Sawangan dari media sosial.

Setelah memastikan informasi tersebut, Damkar langsung menerjunkan tim untuk mengecek langsung ke lokasi dan melakukan penelusuran di lapangan.

“Setelah kita melakukan crosscheck di lapangan hasilnya ternyata benar ada warga menemukan buaya di Kali Pesanggrahan,” katanya.

Warga kata Denny juga telah menyerahkan buaya tersebut untuk merawat sementara sebelum diserahkan kepada pihak terkait. Lebih lanjut, Denny mengimbau warga sekitar pinggir Kali Pesanggrahan tidak panik.

“Kami minta warga tidak panik dengan penemuan buaya di Kali Pesanggrahan, jika ada hal serupa tinggal mengontak pihak kami," katanya.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com