Sstt!! Kabiro Humas BKN Bocorkan Soal SKB CPNS 2019 Agustus Mendatang

Test-PNS2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono mengungkapkan kisi-kisi SKB CPNS tahun ini. Dengan persiapan khusus, peserta kemungkinan besar bisa lolos.

Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 akan digelar akhir Agustus mendatang. Seleksi tes tahap kedua ini rencananya akan berlangsung hingga Oktober 2020.

"Misalnya dia melamar sebagai jabatan fungsional auditor, jadi dia harus belajar hal-hal yang terkait dengan auditor itu seperti apa pekerjaannya, kemudian melakukan apa. Itu yang harus dipelajari," kata Paryono kepada detikcom, Rabu 8 Juali 2

"Misalnya jabatan yang dilamar sebagai Auditor Kepegawaian di BKN, misalnya pertanyaannya 'apa yang menjadi tugas dari pejabat fungsional auditor kepegawaian?' seperti itu (SKB)," ungkapnya.


Untuk itu, peserta diminta memahami apa instansi dan jabatan yang dilamar sebelum mengikuti tes. Sebab soal SKB berkaitan erat dengan posisi yang dilamar, sehingga setiap peserta memiliki soal berbeda.

"Misalnya mendaftar jabatan fungsional apa, dia harus belajar terkait dengan apa yang dia lamar itu. Kan ini seleksi kompetensi bidang jadi sudah masuk ke tugas pekerjaan nanti yang dia lamar itu. Jadi (soal) tergantung apa formasi yang dia lamar," jelasnya.

Dalam tes SKB CPNS juga hanya ada satu macam soal. Tidak seperti sebelumnya saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dibagi menjadi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Artikel ini sudah terbit di Detik.com