Pengikutnya Diduga Menyimpang, Kiblat Masjid Menghadap Utara

Masjid-menghadap-utara.jpg
(terkini.id)

RIAU ONLINE, MAKASSAR-Sebuah masjid di Desa Pallantikang, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Makassar, bikin geger. Masjid yang berada di bawah kaki gunung SiLanu itu arah kiblatnya menghadap ke Utara.

Camat Bangkala dan rombongan aktivis dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan dibuat kaget dan langsung menuju lokasi, pada Rabu 27 Mei 2020.

Untuk menuju lokasi, rombongan harus melewati jalan setapak dengan bebatuan karena letaknya berada di kaki Gunung Silanu.

Ketua HMI Cabang Jeneponto Amrullah mengatakan, tinjauan itu dilakukan untuk memastikan kebenaran informasi yang beredar sebelumnya, mengenai keberadaan masjid yang kiblatnya mengarah ke utara.

“Kami bersama Pemerintah Kecamatan turun langsung ke lokasi untuk memastikan kebenaran informasi yang dari masyarakat dan berharap bisa ketemu untuk koordinasi dengan jemaahnya atau penanggung jawabnya, hanya saja kita tidak ketemu,” kata Amrullah seperti dilansir Terkini.id-jaringan Suara.com.

Sesampainya di lokasi dan melihat langsung tempat ibadah yang berada di kaki Gunung Silanu, informasi adanya arah kiblat ke utara ternyata benar.

“Memang benar kalau arah kiblatnya ke arah utara, bukan ke arah barat sehingga besar kemungkinan ajaran yang dibawa para jemaahnya menyimpang,” katanya.

Sementara itu, Camat Bangkala Andi Patappoi, juga menduga ada ajaran yang menyimpang.


“Kita sudah tinjau secara langsung tempat ibadah itu, jika dilihat dari arah kiblatnya, memang betul ada yang menyimpang,” katanya.

Andi sendiri mengaku telah berkoordinasi dengan Polri, TNI untuk melakukan langkah-langkah persuasif.


“Kami sudah koordinasi dengan pihak yang berwenang, cuman harapan kita untuk bertemu dengan penanggungjawab ajaran itu tidak terwujud, dari informasi yang kita dapat yang bersangkutan ke Bulukumba,” katanya. Artikel ini sudah terbit di Suara.com