Petugas Palang Hitam Kurang Tidur, Sering Berjaga 24 Jam karena Covid-19

Nisan-bertuliskan-Indonesia-bin-Terserah.jpg
((Suara.com/Stephanus Aranditio).)

RIAU ONLINE, BANTEN-Petugas palang hitam di TPU Jombang, Tangerang Selatan hingga Jumat 22 Mei 2020 hari ini belum bisa tidur nyenyak, mereka masih bekerja menguburkan jenazah Covid-19.

Pengelola TPU Jombang, Tabroni mengatakan petugas pemakaman yang sudah bekerja selama 2 bulan ini telah menguburkan hampir 100 jenazah dengan protap Covid-19.


"Selama 2 bulan ini kurang lebih 97 jenazah dengan protap Covid, tapi belum tentu itu semuanya positif Covid, cuma protapnya saja kami harus pakai APD semuanya itu, dari rumah sakit protapnya seperti itu," kata Tabroni kepada Suara.com, Sabtu 23 Mei 2020.

Menurut Tabroni, petugas pemakaman di TPU Jombang selalu siaga 24 jam karena pemakaman tidak mengenal waktu, bahkan mereka pernah menguburkan pukul 02.00 WIB dini hari.

"Per hari gak tentu kadang kosong, kadang satu atau dua, karena tidak semuanya positif Covid-19 jadi protap dari rumah sakit kita ikuti saja, jadi ada jenazah yang belum keluar hasilnya masih PDP tapi setelab swab hasilnya keluar negatif ada positif ada," ucapnya.

Dia berharap meskipun pemerintah mulai melonggarkan aturan PSBB, masyarakatnya juga harus sadar diri dengan mulai beradaptasi taat dengan protokol kesehatan.

"Semuanya sudah lelah, tim medis lelah, kami di sini juga siang-malam selalu di TPU, Lebaran di TPU, ini pun mau takbiran ada aja lagi tadi pagi," pinta Tabroni.


Sebagai ekspresi kekecewaan, petugas palang hitam di sini membuat sebuah papan nisan kayu yang bertuliskan: "Indonesia Bin Terserah Kalian, Kami Tunggu Di Sini, TPU Jombang Tangerang Selatan. Note: ikuti imbauan dinas kesehatan."

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->