Ini 5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa

Ilustrasi-puasa.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Puasa berarti Anda harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama lebih dari 12 jam dalam sehari. Dalam kondisi tertentu, puasa mungkin akan menurunkan daya tahan tubuh apabila Anda tidak mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang cukup saat sahur dan berbuka serta rekomendasi gaya hidup sehat lainnya.

Berikut ini tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa:

1. Penuhi Nutrisi saat Sahur dan Berbuka
Anda akan mengalami perubahan jadwal dan pola makan selama puasa. Walaupun demikian, Anda disarankan untuk memerhatikan asupan nutrisi dari makanan untuk sahur dan berbuka. Makanan bernutrisi termasuk sayur dan buah seperti kale, kangkung, kentang, wortel, apel, anggur, ubi, dll.

Makanan sehat bervitamin akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sehingga Anda tetap kuat menjalani ibadah puasa seharian dan tetap sehat terhindar dari infeksi dan penyakit.

2. Tidur yang Cukup
Selama bulan puasa, waktu tidur Anda mungkin berubah karena Anda harus bangun untuk makan sahur pada dini hari. Anda mungkin tidak tidur setelahnya sehingga jam istirahat Anda berkurang.

Sebaiknya, Anda mengatur jadwal tidur Anda hingga total waktu tidur tetap sekitar 7-8 jam bagi orang dewasa. Anda dapat tidur lebih awal setelah aktivitas selesai di malam hari, atau menambahkan tidur siang selama 30 menit. Kurang tidur akan melemahkan sistem imun dan membuat Anda lemas sepanjang hari saat puasa.


 

3. Tetap Berolahraga
Siapa bilang orang yang berpuasa tidak dapat olahraga? Olahraga adalah salah satu tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Waktu olahraga yang dianjurkan adalah 30 menit setiap hari, namun Anda dapat menyesuaikan durasi, jadwal, dan jenis latihan apa yang cocok untuk puasa.

Sebaiknya, lakukan olahraga intensitas rendah seperti jalan kaki atau joging. Serta, sebaiknya olahraga pada 30 menit sebelum berbuka puasa agar tubuh tidak dehidrasi. Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan Anda, yang penting jangan terlalu dipaksakan dan kurangi risiko dehidrasi.

4. Kelola Stres
Stres adalah bagian dari hidup yang mungkin tidak dapat dihindari, namun stres berkepanjangan akan melemahkan sistem imun Anda. Sebaiknya, kelola stres yang Anda alami terutama di bulan puasa agar sistem imun tetap terjaga dan Anda dapat menjalani ibadah dengan lancar.

Anda berbagai cara untuk mengatasi stres seperti meditasi, olahraga, mendengarkan musik, komunikasi dengan orang-orang sekitar, dll. Anda juga dapat memanfaatkan bulan puasa dengan berbagai aktivitas religi yang juga dapat menenangkan perasaan Anda.

5. Bina Hubungan Sosial
Kesehatan fisik dan mental bekerja sama untuk membentuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Membina hubungan baik dengan keluarga, teman, atau pasangan berpengaruh baik pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian, seseorang yang kesepian memiliki respon imun yang lebih rendah terhadap vaksin flu dari pada mereka yang memiliki kehidupan sosial yang baik.

Itulah beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Pada dasarnya, apa yang Anda makan dan bagaimana Anda menjalani pola hidup akan sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh Anda. Jadi, tetap penuhi nutrisi, istirahat, dan kelola stres selama bulan puasa agar tubuh dan ibadah Anda sama-sama sehat.

 Artikel ini sudah terbit di dokter sehat