8 Makanan yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa

Brokoli.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Berpuasa sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan karena aktivitas yang dilakukan sama setiap hari sehingga membuat fungsi ginjal menjadi optimal. Namun selama berpuasa kita wajib menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop dengan cara memakan makan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa:

1. Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin termasuk vitamin A, C, dan E. Brokoli juga merupakan sumber serat dan antioksidan yang tinggi. Anda dapat membuat berbagai menu masakan dari brokoli seperti tumisan, sayur sop, capcai, dll. Makanan tersebut sangat cocok untuk sahur, enak dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jahe
Jahe adalah obat herbal yang sudah digunakan sejak ratusan tahun. Jahe memiliki zat aktif bernama gingerol untuk berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan. Anda dapat membuat olahan jahe seperti teh jahe atau susu jahe untuk menu sahur.

3. Bayam
Bayam adalah sayuran yang paling banyak dikonsumsi dan mudah diolah. Bayam mengandung vitamin C, beta karoten, dan antioksidan yang berperan untuk meningkatkan sistem imun dan mengatasi peradangan. Jadi, Anda dapat menyiapkan menu sayur bayam dengan tambahan jagung untuk sahur dan buka puasa.

4. Kacang Almond
Almond adalah salah satu jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa. Almond mengandung vitamin C, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya. Almond juga cocok dijadikan camilan sehat setelah berbuka puasa atau Anda mungkin mengolahnya jadi campuran makanan ringan lainnya.

5. Pepaya
Pepaya memiliki rasa manis yang menyegarkan. Pepaya mengandung vitamin C, vitamin B, asam folat, potasium, dan nutrisi hebat lainnya. Buah ini juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi peradangan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

 

6. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan tipe antioksidan bernama flavonoid. Terdapat banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga sistem imun agar tetap kuat bila melawan virus. Minuman ini juga cocok untuk minuman sahur Anda.

7. Kiwi
Makan buah kiwi saat buka puasa pasti sangat menyegarkan, ya! Tidak hanya enak, buah kiwi juga kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga keseimbangan daya tahan tubuh Anda selama puasa. Bila Anda memakannya saat sahur, kandungan buah kiwi dapat membantu menjaga energi Anda.

8. Bawang Putih
Bawang putih adalah jenis rempah yang hampir ada sebagai bumbu di sebagian besar makanan lokal. Bukan hanya untuk menambah rasa dan aroma, bawang puting juga dapat membantu meningkatkan sistem imun, menurunkan tekanan darah tinggi, dan memperlancar fungsi organ tubuh lainnya.

Itulah pembahasan lengkap tentang tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa dan jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa. Pastikan Anda tetap memaksimalkan asupan nutrisi harian saat puasa agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap terjaga dan Anda dapat menjalani puasa dengan lancar. Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Eko Budidharmaja.

Artikel ini sudah terbit di Dokter sehat

-->