Pelatih Timnas Indonesia Sebut Sistem Medis Indonesia Buruk

Shin-Tae-yong.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Media Korea Selatan, News Joins, dapat curhatan dari Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong soal sistem medis Indonesia dalam menghadapi virus corona yang dia anggap buruk.

Keadaan tersebut membuatnya prihatin dan tergerak untuk mengulurkan bantuan. Ia pun memberi bantuan Alat Pelindung Diri (APD) senilai senilai 20.000 dolar atau Rp 309,8 juta ke salah satu rumah sakit pada 3 April lalu.

Curhat ke Media Korsel, Shin Tae-yong: Sistem Medis di Indonesia Buruk

 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tim medis untuk membantu mereka melawan penyakit Covid-19 di RS PELNI, Jakarta, Jumat (3/4/2020). [Antara/PSSI]

"Indonesia memiliki sistem medis yang sangat buruk. Saya ingin membantu masyarakat Indonesia. Saya senang pemerintah Korea dan perusahaan sudah mengirim alat tes dan bantuan ke Indonesia," ujar Shin Tae-yong.

Selain itu, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut menilai kesadaran masyarakat Indonesia terhadap ancaman virus corona juga kurang. Ia melihat banyak yang tidak menggunakan masker di jalanan.

"Mungkin hanya 10 persen orang menggunakan masker di jalanan," tuturnya menambahkan.

Shin Tae-yong saat ini berada di Korea Selatan. Ia telah meninggalkan Indonesia sejak 4 April 2020 bersama ketiga asistennya, yakni Kim Hae Won, Lee Jae Hong, dan Gong Oh Kyun, setelah dinyatakan negatif virus corona.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->