Wali Kota Bogor Beberkan Ramuan Khusus yang Bikin Cepat Sembuh dari Covid-19

Daun-sirih-dan-jahe-merah.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BOGOR-Wali Kota Bogor Bima Arya ternyata punya dua ramuan khsusus yang bikin proses penyembuhannya menjadi lebih cepat. Bima Arya sempat dinyatakan positif covid-19 setelah pulang dari Turki. 

Ia juga mengatakan kalau dirinya dalam kondisi sehat dan bugar saat berkunjung ke luar negeri. "Kondisi saya sebetulnya sedang fit, ketika di Turki fit, cukup tidur," kata dia.

Menurut Bima Arya, imunitas kita tidak menjamin virus corona tak akan masuk, namun berguna untuk penyembuhan. "Jadi kesimpulan saya covid-19 itu bukan berarti bisa ditangkal dengan imunitas, namun kebugaran kita menentukan seberapa buruk atau parah gejala klinis yang kita rasakan, jadi orang aling sehat pun bisa masuk, tapi kebiasaan kita olahraga menentukan berapa survive kita bisa bertahan," tuturnya.

Selain itu, Bima Arya juga membagikan ramuan yang ia minum selama ini hingga kondisinya makin membaik dan diperbolehkan pulang. Rupanya selain mengikuti isolasi secara ketat dan mengonsumsi obat-obat yang diberikan dokter, Bima Arya juga mengaku terus melakukan olahraga, meski di dalam ruangan.

Setiap pagi, ia juga rutin berjemur meski hanya mengandalkan matahari yang masuk melalui jendela di kamarnya. Bima Arya menjalani perawatan medis di RSUD Kota Bogor sebagai rumah sakit rujuan Covid-19 di Kota Bogor.

Selain itu, Bima Arya juga mengungkap sebuah ramuan khusus yang belum banyak dibagikan kepada pembaca atau di-share di media sosial (medsos). Ternyata, ramuan ajaib itu berasal dari daun sirih dan jahe merah.

Sirih yang dimaksud bisa sirih merah atau sirih biasa saja. "Keluarga saya kerap bawakan buah naga dan olahan jamu dari jahe merah dan sirih," kata Bima dalam sesi wawancaranya.

Bima mengakui keajaiban olahan jahe merah dan daun sirih. Menurut Bima ramuan itu didapat dari rekannya yang sama-sama dirawat karena Covid-19. "Saya memang baca-baca buku bagaimana daun sirih bisa cepat memperbaiki imunitas tubuh. Selain itu teman saya yang terkena Covid-19 sembuhnya lebih cepat ternyata dia minum daun sirih dicampur jahe merah," ungkap Bima.

Saat itu ia juga teringat dengan nenek buyutnya yang hobi mengkonsumsi olahan daun sirih. Neneknya dapat bertahan hidup 100 tahun lebih karena ramuan tersebut.

"Rasanya pahit sekali sepahit kehidupan tapi memang manfaatnya banyak," jelasnya. Ia pun membagikan tips membuat ramuan yang dapat membantu penyembuhan dari Covid-19 itu.

Pertama-tama jahe merah dan daun sirih diiris tipis-tipis. Kemudian kedua bahan itu direbus. Setelah mendidih disaring air rebusan itu.

Air rebusan itulah yang dianggap bermanfaat untuk kekebalan dan daya tahan tubuh. "Minumnya jangan pakai gula. Agar tidak terlalu pahit daun sirihnya jangan banyak-banyak," ungkapnya.

Diketahui akhir maret lalu Bima Arya positif Covid-19. Hal itu diketahui usai ia menjalani Swab test sepulang dari kunjungan ke Turki. Dalam kesempatan wawancara tersebut, Bima Arya juga menyempatkan diri meminum ramuan daun sirih dan jahe merah tersebut.

Artikel ini sudah terbit di Grid.id

-->